Bertha Benz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Bertha Ringer, s. 1871, ketika ia menjadi mitra bisnis Karl Benz

Tentang suara ini Bertha Benz  (née Ringer, 3 Mei 1849 – 5 Mei 1944) adalah seorang pelopor otomotif Jerman. Ia adalah istri dan mitra bisnis otomotif penemu Karl Benz. Pada 1888, ia menjadi orang pertama yang mengemudi sebuah mobil otomatis pada sebuah perjalanan panjang. Karena hal tersebut, ia membuat Benz Patent-Motorwagen mendapatkan sambutan di seluruh dunia dan penjualan pertamanya oleh perusahaan tersebut.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Benz Patent-Motorwagen Number 3 1888, yang digunakan oleh Bertha Benz untuk perjalanan jalan raya jangka panjang pertama yang paling dipublikasikan dengan panjang jalan raya yang dilalui seukuran 106 km (66 mi) menggunakan mobil otomatis.

Bertha Ringer lahir pada 1849 di Pforzheim, Kadipaten Agung Baden. Pada 1871, ia membuat sebuah penemuan di toko karya odengan tunangannya, Karl Benz, yang membuatnya mengembangkan mobil otomatis yang pertama kali dipatenkan.[1] Sebagai seorang wanita yang belum menikah, ia berusaha untuk menikah; setelah ia menikah dengan Benz, menurut hukum pada saat itu, Bertha kehilangan kuasa yudisial atas tindakannya sebagai seorang penemu.[2]

Pada 20 Juli 1872, Bertha Ringer menikah dengan Karl Benz. Bersama dengannya, ia memiliki lima anak: Eugen (1873), Richard (1874), Clara (1877), Thilde (1882), dan Ellen (1890).

Perjalanan mobil otomatis lintas negara pertama[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 1888, tenpa mengatakan kepada suaminya dan tanpa izin dari otoritas, Benz berkendara bersama dengan putranya Richard dan Eugen, yang berusia tiga belas tahun dan lima belas tahun, dalam salah satu mobil otomatis Patent Motorwagen yang baru dibuats—dari Mannheim sampai Pforzheim—menjadikannya orang pertama yang mengemudi sebuah mobil otomatis pada sebuah perjalanan panjang yang sesungguhnya.[3] Para pengendara motor sebelum perjalanan bersejarah tersebut hanya melakukan perjalanan yang sangat pendek, kembali ke titik asal, dan hanya dilakukan oleh asisten teknis. Perjalanan pelopor tersebut melakukan satu perjalanan dengan panjang perjalanan sekitar 106 km (66 mi).[4]

Bertha Benz pada usia 18 tahun

Kehidupan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pada 1944, pada hari ulang tahunnya yang ke-95, Bertha Benz diberi gelar Senator Kehormatan, oleh Universitas Teknikal Karlsruhe. Universitas tersebut adalah alma mater suaminya dan mereka memberi gelar dokterandes kehormatan untuknya seumur hidup. Dua hari kemudian, Bertha Benz meninggal di villa-nya di Ladenburg, di mana toko karya Karl Benz dibangun setelah mereka berpindah kesana pada 1906 dan ia mendirikan sebuah bisnis yang didirikan keluarganya sendiri, Benz dan putra-putranya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Rumah terakhir dari Karl dan Bertha Benz, sekarang berada di Yayasan Gottlieb Daimler dan Karl Benz di Ladenburg, Baden-Württemberg
  1. ^ Auer, Georg. "A genius whose three-wheeler is seen as the first car". European Automotive Hall of Fame. Diakses tanggal 2013-09-14. 
  2. ^ Angela Elis. "Bertha Benz: die erste Frau am Steuer". Cicero. Diakses tanggal January 2011.  Periksa nilai tanggal di: |access-date= (bantuan)
  3. ^ Robertson, Patrick (2011), Robertson's Book of Firsts: Who Did What for the First Time, Bloomsbury Publishing USA, hlm. 91, ISBN 9781608197385, diakses tanggal 28 Mei 2015 
  4. ^ GPS-Download Outbound Trip

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Angela Elis: Mein Traum ist länger als die Nacht. Wie Bertha Benz ihren Mann zu Weltruhm fuhr. Hoffmann und Campe, Hamburg 2010, ISBN 978-3-455-50146-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]