Bernhard III dari Anhalt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bernhard III
Pangeran Anhalt-Bernburg.
Siegel Bernhard III (Anhalt) - großes Reitersiegel.jpg
Segel Bernhard III
Wafat20 Agustus 1348
Royal houseWangsa Ascania
AyahBernhard II dari Anhalt-Bernburg
IbuHelena dari Rugia
PasanganAgnes dari Sachsen-Wittenberg
Mathilde, putri Albrecht I dari Anhalt
Mathilde, putri Magnus I dari Braunschweig-Wolfenbüttel

Bernard III lahir pada sekitar tahun 1300 dan meninggal pada tanggal 20 Agustus 1348 merupakan seorang pangeran Jerman. Ia berasal dari wangsa Ascania dan merupakan penguasa Kadipaten Anhalt-Bernbourg dari tahun 1323 hingga kematiannya.

Bernard III adalah putra sulung pangeran Bernhard II dari Anhalt-Bernburg, dan istrinya Helena, putri Vitzlav II dari Rugia.

Bernard menggantikan posisi ayahandanya sebagai pangeran Kadipaten Anhalt-Bernbourg pada tahun 1323. Kedua adiknya Heinrich dan Otto menyerahkan hak waris mereka untuk memasuki Dominikan dan Ordo Fratrum Minorum. Oleh karena itu ia menjadi satu-satunya pangeran yang memerintah Bernbourg. Bersamaan dengan gelarnya Pangeran Kekaisaran Romawi Suci, ia juga menggunakan « comte Ascania » dan « Tuan Bernbourg ».

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1328, Bernard menikahi Agnes (skt. 1310 – 4 Januari 1338), putri Elektor Rudolf I dari Sachsen-Wittenberg. Mereka adalah sepupu: kakek buyut Agnes, Albrecht I dari Sachsen, adalah saudara Heinrich I dari Anhalt, kakek buyut Bernard. Pernikahan tersebut membutuhkan dispensasi kepausan, yang diperoleh pada tanggal 8 Mei 1328 di Avignon. Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Pada tahun 1339, Bernard menikah kedua kalinya dengan Mathilde (†skt. 1342), putri Albrecht I dari Anhalt. Bernard juga merupakan kerabat dekat istri barunya: kakek Mathilde, Siegfried I dari Anhalt, adalah saudara bungsu Bernhard I dari Anhalt-Bernbourg, kakek Bernard. Dispensasi kepausan untuk pernikahan mereka dikeluarkan di Avignon pada tanggal 20 Februari 1342. Mereka mungkin adalah orang tua seorang anak perempuan (kadang-kadang dianggap sebagai anak dari pernikahan pertama atau ketiga Bernard III):

Setelah tahun 1343, Bernard menikah ketiga kalinya dengan Mathilde lainnya (†set. 28 Juni 1354), putri Magnus I dari Braunschweig-Wolfenbüttel. Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

  • Otto III (†27 Februari 1404), pangeran Anhalt-Bernbourg
  • Gertrude, menikah sebelum 12 Agustus 1371 dengan Graf Günther XII dari Schwarzbourg
Bernhard III dari Anhalt
Wafat: 20 Agustus 1348
Didahului oleh:
Bernhard II
Pangeran Anhalt-Bernburg
1323–1348
Diteruskan oleh:
Bernard IV