Berkik agung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik agung
Gallinago nobilis
Rekaman
Status konservasi
Hampir terancam
IUCN22693118
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusGallinago
SpesiesGallinago nobilis
P.L. Sclater, 1856
Distribusi

Berkik agung ( Gallinago nobilis ) adalah burung perandai bertubuh kecil dan gempal . Ia berkembang biak di Andes Kolombia, Ekuador, Peru dan Venezuela di atas atau tepat di bawah pepohonan. Ini sepenuhnya tidak aktif.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi oleh Joseph Smit

Berkik yang memiliki tubuh kekar dan kaki yang relatif pendek untuk seekor perandai. Bagian atas, kepala dan lehernya bergaris-garis dan bermotif coklat tua dan kuning muda, dan tepi emas pada bulu membentuk garis-garis berbeda di punggungnya. Perutnya berwarna putih dengan garis coklat di bagian panggul. Paruhnya yang berwarna tanduk sangat panjang dan lurus. Tungkai dan kakinya berwarna hijau keabu-abuan. Jenis kelaminnya serupa, tetapi betina memiliki paruh yang lebih panjang; burung yang belum dewasa hanya berbeda dalam menunjukkan pinggiran pucat pada penutup sayap. Berkik agung memiliki panggilan merdu yang jelas.

Berkik andes muncul dalam jangkauan berkik agung, tetapi memiliki sayap lebar, perut berjeruji, dan bagian bawah berwarna gelap. Berkik ekor-kipas dan berkik Magdalena berukuran lebih kecil, memiliki sayap yang lebih runcing dan ujung berwarna putih di tepi sayap.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Berkik agung ditemukan di dataran tinggi padang rumput basah dan rawa-rawa dari ketinggian 2.700 – 4.200 m.

Sedikit yang diketahui tentang biologinya, namun burung ini mempunyai penampilan di udara, yang melibatkan terbang tinggi dalam lingkaran, diikuti dengan membungkuk kuat di mana burung tersebut mengeluarkan suara gendang, yang disebabkan oleh getaran bulu ekor bagian luar yang dimodifikasi, dengan nada yang lebih rendah daripada suara pada umumnya. berkik. Ia berkembang biak dari bulan Maret hingga Juli.

Berkik agung biasanya sendirian atau berpasangan, tetapi sulit diamati di darat. Ia mencari makan dengan mendorong paruhnya yang panjang ke dalam lumpur untuk mencari serangga dan cacing. Bulunya yang samar memberikan kamuflase yang efektif ketika burung itu berdiri tak bergerak di antara tumbuhan rawa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Gallinago nobilis". 2016: e.T22693118A93384670. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693118A93384670.en.