Berkik Madagaskar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik Madagaskar
Gallinago macrodactyla

Status konservasi
Rentan
IUCN22693107
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusGallinago
SpesiesGallinago macrodactyla
Bonaparte, 1839

Berkik Madagaskar ( Gallinago macrodactyla ) adalah sejenis perandai bertubuh kecil dan kekar. Ia hanya berkembang biak di bagian timur Madagaskar yang lembab, dari permukaan laut hingga 2.700 m, lebih umum terjadi di atas 700 m. Ini adalah non-migrasi .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah berkik yang besar dan dengan badan kekar dan kaki relatif pendek untuk seekor perandai. Bagian atas, kepala dan lehernya bergaris-garis dan bermotif garis-garis coklat tua tebal dan tepi emas pada bulu membentuk garis-garis di punggungnya. Perutnya berwarna putih, dengan sedikit garis coklat di bagian panggul tetapi tidak pernah di bagian perut. Paruhnya yang berwarna kehitaman sangat panjang, lurus dan cukup kuat. Tungkai dan kakinya berwarna kekuningan-zaitun hingga abu-abu kehijauan. Jenis kelaminnya serupa, dan yang belum dewasa hanya berbeda dalam memperlihatkan pinggiran yang mengembang pada penutup sayap.

Berkik Madagaskar mengeluarkan suara serak saat lepas landas. Dalam penerbangan, ia memiliki tepi belakang sempit berwarna abu-abu di sayap dan bagian bawah sayap yang sangat gelap.

Berkik Madagaskar belum pernah tercatat di tempat lain, dan belum ada spesies berkik lain yang tercatat di Madagaskar. Berkik ekor-kipas berukuran lebih kecil, memiliki bagian bawah sayap yang lebih pucat, dan tepi sayap berwarna putih. Berkik ekor-lidi memiliki bulu yang mirip dengan spesies Madagaskar, tetapi lebih kecil, paruh lebih pendek, dan berekor pendek. Berkik Afrika memiliki bentuk yang mirip dengan berkik Madagaskar, tetapi memiliki tepi belakang berwarna putih yang jelas di sayap. Semua berkik yang berpotensi menjadi gelandangan di Madagaskar memiliki penerbangan yang lebih cepat dan lebih ringan dibandingkan spesies yang tinggal di sana.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Berkik Madagaskar berkembang biak di rawa-rawa, rawa-rawa, daerah berlumpur, ladang yang tergenang air, dan terkadang sawah . Ia membangun sarang rumput kering berbentuk piring di daerah kering di lahan basah berkembang biaknya. Sarangnya tersembunyi di balik rerumputan atau alang-alang yang lebat. Pembiakan terjadi setidaknya dari bulan Juli hingga Januari.

Burung ini mempunyai penampilan udara yang spektakuler, yaitu terbang tinggi dalam lingkaran, diikuti dengan membungkuk kuat di mana burung tersebut mengeluarkan suara gendang, yang disebabkan oleh getaran bulu ekor luar yang dimodifikasi.

Berkik Madagaskar mencari makan dengan mendorong paruh panjangnya jauh ke dalam lumpur untuk mencari invertebrata, seperti serangga dan cacing, biji-bijian dan tumbuhan. Jika khawatir, ia membeku, dan bulunya yang samar memberikan kamuflase yang efektif ketika burung itu berdiri tak bergerak di antara tumbuhan rawa. Saat memerah, ia terbang dengan gerakan zig-zag.

Status konservasi[sunting | sunting sumber]

Burung ini jarang ditemukan, dengan total populasi diperkirakan 1.800–7.500 individu. Ini ditemukan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4–8 ekor.

Spesies ini terancam oleh meningkatnya konversi habitat tepi lahan basah menjadi penanaman padi. Misalnya, di blok terbesar habitat lahan basah yang sesuai di Madagaskar, Danau Alaotra, 250 km2 (97 sq mi) dari 350 km2 (135 sq mi) di sekitar danau sekarang sedang diproduksi beras. Spesies ini juga terancam oleh perburuan untuk dimakan, untuk keperluan subsisten atau perdagangan lokal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Gallinago macrodactyla". 2016: e.T22693107A93384009. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693107A93384009.en.