Berkik Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik Afrika
Gallinago nigripennis

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693102
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusGallinago
SpesiesGallinago nigripennis
Bonaparte, 1839

Berkik Afrika ( Gallinago nigripennis ) juga dikenal sebagai berkik Etiopia, adalah seekor perandai bertubuh kecil dan gempal . Ia berkembang biak di Afrika bagian timur dan selatan di tegalan pegunungan basah dan rawa-rawa pada ketinggian 1.700–4.000 m (5.600–13.100 ft) . Jika tidak berkembang biak, ia akan menyebar luas, termasuk ke dataran rendah pesisir.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Berkik ini memiliki tubuh yang kekar dan kaki yang relatif pendek untuk seorang penyeberang. Bagian atas, kepala dan lehernya bergaris-garis dan bermotif garis-garis coklat tua tebal dan tepi emas pada bulu membentuk garis-garis di punggungnya. Perutnya berwarna putih, dengan sedikit garis coklat di bagian panggul tetapi tidak pernah di bagian perut. Paruhnya yang berwarna coklat kemerahan sangat panjang, lurus dan cukup kuat. Tungkai dan kakinya berwarna kekuningan-zaitun hingga abu-abu kehijauan. Jenis kelaminnya serupa, dan yang belum dewasa hanya berbeda dalam menunjukkan pinggiran pucat pada bulu sayap.

Berkik Afrika membuat panggilan hleep saat lepas landas, dan memiliki panggilan kip yang jauh saat berkembang biak. Ini menunjukkan tepi belakang berwarna putih pada sayap dan sudut ekor putih saat terbang.

Berkik Afrika hanya dapat disamakan dengan tiga berkik migran yang terdapat dalam wilayah jelajahnya, yaitu berkik ekor-kipas, berkik ekor-lidi, dan berkik besar . Berkik besar jelas lebih besar, lebih gelap, dan paruhnya relatif lebih pendek. Berkik ekor-lidi tidak memiliki tepi belakang berwarna putih pada sayapnya dan sudut ekornya hanya memiliki sedikit warna putih.

Berkik ekor-kipas sangat mirip dengan berkik Afrika meskipun bagian atas Afrika lebih gelap dan paruhnya lebih panjang; identifikasi di lapangan sangat sulit. Dalam penerbangan, berkik Afrika memiliki penerbangan yang lebih lambat dan lebih berkibar dengan sayapnya yang lebih bulat, dan lebih sedikit zig-zag saat memerah. Warna putih yang lebih luas di bagian ekor seringkali terlihat jelas.

Subspesies[sunting | sunting sumber]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Berkik Afrika membangun sarang rumput kering berbentuk piring di daerah yang lebih kering di rawa-rawa tempat berkembang biaknya. Sarangnya tersembunyi di balik rerumputan atau semak yang lebat. Perkembangbiakan bergantung pada hujan di daerah tropis, tetapi sebagian besar terjadi pada bulan April hingga Oktober di Afrika Selatan, meskipun persarangan terjadi di semua bulan.

Burung ini mempunyai penampilan udara yang spektakuler, yaitu terbang tinggi dalam lingkaran, diikuti dengan membungkuk kuat di mana burung tersebut mengeluarkan suara gendang, yang disebabkan oleh getaran bulu ekor luar yang dimodifikasi.

Berkik Afrika cukup umum di daerah rawa dan bendungan yang sesuai. Ia mencari makan dengan mendorong paruhnya yang panjang ke dalam lumpur untuk mencari serangga dan cacing. Jika khawatir, ia membeku, dan bulunya yang samar memberikan kamuflase yang efektif ketika burung itu berdiri tak bergerak di antara tumbuhan rawa. Saat memerah, ia terbang cepat dengan gerakan zig-zag.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Gallinago nigripennis". 2016: e.T22693102A93383652. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693102A93383652.en.