Beren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beren
Cnemophilidae

Crested satinbird (Cnemophilus macgregorii)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
UpaordoPasseri
SuperfamiliCnemophiliodea
FamiliCnemophilidae
Mayr, 1862
Genera

Beren, cenderawasih-sutra (meskipun bukan Cenderawasih) atau snemofilin, adalah famili Cnemophilidae dari burung kicau yang terdiri dari empat spesies yang ditemukan di hutan pegunungan Papua . Mereka awalnya dianggap sebagai bagian dari keluarga cendrawasih Paradisaeidae sampai penelitian genetik menunjukkan bahwa burung tersebut sama sekali tidak berkerabat dekat dengan cendrawasih dan mungkin lebih dekat dengan burung- buah dan burung cucuk-panjang ( Melanocharitidae ). Bukti terkini menunjukkan bahwa kerabat terdekat mereka mungkin adalah burung kangkok-pentet ( Campephagidae ). [1]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Semua beren (dr bahasa yonggom) memiliki warna yang sangat indah. Jantan dari cenderawasih sutra jambul memiliki warna oranye kemerahan hingga merah menyala di bagian atas, memiliki bagian bawah gelap kehitaman hingga hitam dan juga memiliki jambul sagital tegak terang keunguan yang terletak di ubun-ubun dan memanjang dari dahi hingga hampir ke belakang. kepala. Betina dari spesies ini berwarna coklat zaitun dengan bagian bawah lebih pucat. Burung beren kuning jantan memiliki bulu yang cemerlang, halus, kuning menyala di bagian atas, dengan tenggorokan hitam, dagu hitam, perut hitam dan pantat hitam, serta bulu jambul emas berkilau, sedangkan burung betina berwarna kecoklatan hingga zaitun di bagian atas dengan bagian bawah berwarna kuning muda pucat.

Dua spesies lainnya, beren loria dan beren dada kuning jauh lebih berbeda dari spesies yang disebutkan di atas. Jantan beren Loria sebagian besar berwarna hitam dengan kilau ungu atau metalik mengkilat; mereka memiliki bulu sayap sekunder berwarna biru muda, bulu ekor berwarna biru, dan sepetak bulu kehijauan berwarna-warni yang mengarah dari pangkal paruh hingga tepat di atas mata. Betina, seperti yang disebutkan di atas, berwarna kehijauan zaitun dengan bagian bawah lebih terang. Burung beren dada kuning jantan memiliki bagian atas berwarna zaitun kemerahan, kecuali pantat bagian atas yang berwarna kuning emas. Bagian bawah berwarna kuning keemasan mulai dari dagu dan pipi hingga payudara, kemudian memudar menjadi kuning pucat setelah melewati payudara. Uniknya beren jantan juga memiliki pial atau lobus bulat di bagian atas paruhnya yang berwarna biru langit pucat. Betinanya berwarna coklat kemerahan di bagian atas dan krem di bagian bawah dengan guratan kecoklatan dari dagu hingga payudara.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Burung beren Loria mungkin memiliki jangkauan terluas di dataran tinggi tengah, sebagian besar antara tahun 2000–4000 m, tetapi tidak mencolok kecuali pada pohon yang sedang berbuah. Burung beren jambul mendiami hutan pegunungan tinggi dan semak belukar. Burung beren dada kuning adalah yang paling sedikit diketahui. Hampir tidak ada yang diketahui tentang biologinya, dan tampaknya langka dan bersifat lokal di dalam petak-petak habitat di sepanjang wilayah tengah di timur hingga dasar Semenanjung Huon . [2]

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Semua spesies beren membangun sarang berbentuk kubah, tidak seperti sarang burung cendrawasih. Betina bertelur satu dan merawatnya tanpa bantuan apa pun dari pejantan. Beren hanya memakan buah-buahan, bahkan pada usia muda.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Satinbird family Cnemophilidae". 
  2. ^ "Satinbird family Cnemophilidae".