Lompat ke isi

Benteng Klis

Koordinat: 43°33′36″N 16°31′26″E / 43.56000°N 16.52389°E / 43.56000; 16.52389
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Benteng Klis
Tvrđava Klis
Klis, dekat Split
Croatia
Benteng ini, yang terlihat di sini dari arah barat daya pada sore hari, berdiri di atas sebuah bukit
Peta
Benteng Klis Tvrđava Klis di Kroasia
Benteng Klis Tvrđava Klis
Benteng Klis
Tvrđava Klis
Koordinat43°33′36″N 16°31′26″E / 43.56000°N 16.52389°E / 43.56000; 16.52389
JenisBenteng, campuran
Informasi situs
Terbuka untuk
umum
Ya
  • Juni–September: setiap hari pukul 9 pagi–7 malam
  • Oktober–Mei: Sabtu–Minggu pukul 9 pagi–5 sore
KondisiDiawetkan, sedikit direnovasi
Sejarah situs
DibangunTidak diketahui, mungkin pada abad ke-3 SM
Dibangun olehBenteng kecil milik suku Illyria dari Dalmatae, yang kemudian diperluas sebagian besar oleh:
  • Mislav dari Kroasia
  • Adipati Kroasia Trpimir I dari Kroasia
  • Wangsa Šubić dari Kroasia
  • Kekaisaran Ottoman
  • Republik Venesia (saat ini)
  • Kekaisaran Austria
BahanGamping
JenisBarang budaya yang dilindungi
Z-4206[1]

Benteng Klis (bahasa Kroasia: Tvrđava Klis; bahasa Italia: Fortezza di Clissa) adalah benteng abad pertengahan yang terletak di atas desa Klis, dekat Split, Kroasia. Dari awalnya sebagai benteng kecil yang dibangun oleh suku Illria kuno Dalmatae, hingga perannya sebagai istana kerajaan dan tempat kedudukan banyak raja Kroasia, hingga perkembangan terakhirnya sebagai benteng besar selama perang Utsmaniyah di Eropa, Benteng Klis telah menjaga perbatasan, beberapa kali hilang dan ditaklukkan kembali selama dua ribu tahun sejarahnya. Karena lokasinya di jalur yang memisahkan pegunungan Mosor dan Kozjak, benteng ini berfungsi sebagai sumber pertahanan utama di Dalmatia, terutama terhadap Kekaisaran Utsmaniyah. Benteng ini telah menjadi persimpangan antara Laut Mediterania dan Balkan.

Sejak Adipati Mislav dari Kadipaten Kroasia menjadikan Benteng Klis sebagai tempat duduk takhtanya pada pertengahan abad ke-9, benteng tersebut menjadi tempat duduk bagi banyak penguasa Kroasia. Penggantinya, Adipati Trpimir I, penting dalam menyebarkan agama Kristen di Kadipaten Kroasia. Ia memperluas Benteng Klis, dan di Rižinice [hr], di lembah di bawah benteng, ia membangun sebuah gereja dan biara Benediktin pertama di Kroasia. Selama masa pemerintahan raja Kroasia pertama, Tomislav, Klis dan Biograd na Moru merupakan tempat tinggal utamanya.

Pada bulan Maret 1242 di Benteng Klis, suku Tatar yang bertugas di pasukan Mongol mengalami kekalahan besar saat mengejar pasukan Hongaria yang dipimpin oleh Raja Béla IV. Selama Abad Pertengahan Akhir, benteng tersebut diperintah oleh bangsawan Kroasia, di antaranya Paul I Šubić dari Bribir adalah yang paling penting. Selama masa pemerintahannya, Wangsa Šubić menguasai sebagian besar wilayah Kroasia dan Bosnia modern. Kecuali kepemilikan singkat oleh pasukan Raja Bosnia, Tvrtko I, benteng tersebut tetap berada di tangan Hungaria-Kroasia selama beberapa ratus tahun berikutnya, hingga abad ke-16.

Benteng Klis terkenal karena perannya dalam invasi Utsmaniyah ke Eropa pada awal abad ke-16. Kapten Kroasia Petar Kružić memimpin pertahanan benteng terhadap invasi dan pengepungan Turki yang berlangsung selama lebih dari dua setengah dekade. Selama pertahanan ini, saat Kružić dan tentaranya bertempur tanpa sekutu melawan Turki, faksi militer Uskok dibentuk, yang kemudian menjadi terkenal sebagai sekte militan elit Kroasia. Akhirnya, para pembela dikalahkan dan benteng tersebut direbut oleh Utsmaniyah pada tahun 1537. Setelah lebih dari satu abad di bawah kekuasaan Utsmaniyah, pada tahun 1669, Benteng Klis dikepung dan direbut oleh Republik Venesia. Orang Venesia memulihkan dan memperluas benteng tersebut. Pada tahun 1797, benteng tersebut direbut oleh Austria setelah Jatuhnya Republik Venesia. Saat ini, Benteng Klis memiliki museum tempat pengunjung bangunan militer bersejarah ini dapat melihat berbagai senjata, baju zirah, dan seragam tradisional.

Benteng ini terletak di atas desa Klis, 11 kilometer (6,8 mi) dari Laut Adriatik, di sebuah jalur yang memisahkan gunung Mosor dan Kozjak, pada ketinggian 360 meter (1.180 ft), timur laut Split di Kroasia.[2] Karena posisinya yang strategis, benteng ini merupakan salah satu benteng terpenting di wilayah tersebut dalam sejarahnya.[3]

Bertengger di sebuah bukit berbatu yang terisolasi, tidak dapat diakses di tiga sisi, benteng ini menghadap Split, pemukiman Romawi kuno Salona, ​​Solin, Kaštela dan Trogir, dan sebagian besar pulau Dalmatian tengah.[3][4] Secara historis, benteng ini telah mengendalikan akses ke dan dari Bosnia, Dalmatia dan pedalaman Kroasia.[3] Pentingnya posisi seperti itu dirasakan oleh setiap tentara yang menyerbu, atau menguasai bagian Kroasia ini.[4] Benteng Klis adalah titik yang selalu menjadi sasaran serangan mereka, dan benteng ini luar biasa karena banyaknya pengepungan yang berhasil ditahannya.[4] Benteng ini telah memiliki nilai strategis utama di Kroasia sepanjang sejarah.[3]

Lihat pula

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Tvrđava Klis". Registar Kulturnih Dobara. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-21. Diakses tanggal 2023-05-28. 
  2. ^ Hrvatski leksikon (1996), p. 470.
  3. ^ a b c d "Klis –vrata Dalmacije" [Klis – A gateway to Dalmatia] (PDF). Građevinar (dalam bahasa Kroasia). Zagreb: Croatian Society of Civil Engineers. 53 (9): 605–611. September 2001. ISSN 0350-2465. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2009-12-17. 
  4. ^ a b c Wilkinson (1848), pp. 169–172.

Daftar pusaka

[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]