Bendera Korsika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bendera Korsika.

Bendera Korsika (bahasa Korsika: Testa di Moru, "kepala Moor hitam") adalah bendera region resmi yang digunakan di Korsika, Prancis. Bendera ini mulai digunakan oleh "Jenderal Bangsa" Pasquale di Paoli pada tahun 1755 yang dibuat berdasarkan bendera Korsika tradisional sebelumnya. Bendera ini menampilkan gambar Kepala Moor berwarna hitam yang memakai sebuah ikat kepala putih di atas latar warna putih. Versi tradisional sebelumnya dari bendera ini menampilkan ikat kepala menutup mata si Kepala Moor. Pasquale di Paoli menginginkan agar ikat kepala tersebut dibuka dan dipindahkan ke atas mata untuk melambangkan kemerdekaan orang Korsika.

Bendera ini pernah digunakan oleh Republik Korsika. Penggunaanya kemudian dilarang pada tahun 1769 ketika Prancis memaksa Republik Genova untuk menjual Pulau Korsika sebagai pembayaran hutang Genova kepada Prancis. Hutang tersebut merupakan biaya dari penurunan pasukan korps ekspedisi Prancis untuk membantu Genova dalam mempertahankan Korsika. Prancis membantu untuk menenangkan pemberontakan-pemberontakan lokal yang terjadi di Korsika kala itu. Selama masa kekuasaan Prancis dari tahun 1769 hingga tahun 1789, gerakan-gerakan patriotik di Krosika menggunakan bendera tradisional mereka (dengan ikat kepala menutup mata Kepala Moor) sebagai lambang protes.[1]

Versi bendera ini dengan ikat kepala tidak menutup mata, ditambah dengan kanton bendera Britania Raya, pernah digunakan sebagai bendera Kerajaan Inggris-Korsika pada tahun 1794-1796.[2] Wakil Raja Sir Gilbert Elliot, Baronet ke-3, dari Minto menggunakan Kepala Moor pada lambang pribadinya pada tahun sebagai Wakil Raja Korsika.[3] Bendera ini kemudian berhenti digunakan secara resmi hingga akhirnya digunakan kembali mulai tahun 1980 sebagai bendera region.

Maure[sunting | sunting sumber]

Maure atau Kepala Moor (bahasa Korsika: U Maur) merupakan lambang tradisional yang kini digunakan di Korsika dan bendera pulau tetangganya yaitu Sardinia. Penggunaan Kepala Moor sebagai simbol dapat ditelusuri kembali pada seni-seni fresko, kaca patri, maupun lukisan di Eropa abad ke-13. Kepala Moor dapat diinterpretasikan sebagai lambang kemenangan para pasukan salib terhadap orang-orang Moor dalam Reconquista di Semenanjung Iberia.[4] Bagi Korsika, Kepala Moor merupakan peninggalan dari raja-raja Kerajaan Aragon yang dianugerahi pulau ini oleh sri paus pada Abad Pertengahan. Pada bendera Sardinia, empat Kepala Moor disusun di tengah kuarter bendera yang dipisah oleh Salib Santo Georgius.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thrasher, Peter Adam (1970). Pasquale Paoli: An Enlightened Hero 1725-1807. Hamden, CT: Archon Books. hlm. 178. ISBN 0-208-01031-9. 
  2. ^ Gregory, Desmond (1985). The Ungovernable Rock: A History of the Anglo-Corsican Kingdom and Its Role in Britain's Mediterranean Strategy During the Revolutionary War, 1793-1797. London: Fairleigh Dickinson University Press. hlm. 84. ISBN 0838632254. 
  3. ^ a b "A Testa di Moru". Corsica Insula. Diakses tanggal 2017-12-09. 
  4. ^ "Africans in Medieval & Renaissance Art: The Moor's Head". Victoria and Albert Museum. Diakses tanggal 2017-12-09.