Benazio Rizki Putra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Benazio Rizki Putra
BENAKRIBO COSMO.jpg
Lahir 3 Februari 1990 (umur 29)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan Narablog
penulis
videografer
komedian
personalia YouTube
Aktor
Tahun aktif 2008 - sekarang
Hubungan Bayu Febriajie (kakak)
Bintang Mahacakrie (kakak)
Pasangan Vendryana (2016-sekarang)
Anak Benzivar Zayka Mavendra
Situs web www.benablog.com

Benazio Rizki Putra (lahir di Jakarta, 3 Februari 1990; umur 29 tahun) adalah seorang narablog (blogger), komedian dan personalia (YouTuber) dan aktor berkebangsaan Indonesia. Bena dikenal sebagai narablog yang menulis tentang kejadian sehari-hari yang dialaminya, juga tentang hal yang sedang tren, dengan gaya bahasa remaja dan dengan penambahan visualisasi seperti gambar dan video. Blognya yang beralamat di www.benablog.com mulai aktif sejak bulan April 2008[1] dan telah memenangkan sejumlah penghargaan. Selain itu, Bena pun aktif membuat video komedi, video segmen, video interaktif di akun YouTube nya dan membuat video komedi singkat di Instagram.Pada 28 Mei 2016 Benazio menikah dengan Vendrayana dan telah dikaruniai anak yang diberi nama Benzivar Zayka Mavendra yang lahir 27 Februari 2017.

Keluarga dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Benazio tinggal di Jakarta bersama orang tua beserta seorang kakak laki-laki dan seorang kakak perempuannya.

Ia memulai pendidikannya di Taman Kanak-kanak Al-Hidayah, lalu melanjutkan Sekolah Dasar di SDN Pamulang Permai I. Kemudian ia melanjutkan studi di SMP Negeri 19 Jakarta dan lulus dari SMA Negeri 47 Jakarta pada tahun 2007. Pada tahun 2011, ia telah lulus dari Universitas Bina Nusantara dengan jurusan Teknik Informatika.

Karier blog[sunting | sunting sumber]

Bena awalnya mulai menulis blog pada tahun 2007 di Friendster, namun seiring dengan perkembangan dunia blog, Bena membuat blog baru yang beralamat di benazio.blogspot.com yang pada tahun 2008 berganti alamat menjadi benablog.com. Ia aktif menulis mengenai kejadian sehari-hari yang dialaminya, juga tentang hal yang sedang tren. Hal tersebut menarik perhatian para pembacanya yang mayoritas adalah remaja Indonesia.

Sejak tahun 2009, artikel mengenai blognya kerap ditemukan di berbagai majalah dan juga surat kabar.[2] Bena juga sempat memenangkan beberapa kontes menulis yang diadakan untuk para narablog Indonesia.[3][4] Ia juga sering diundang ke berbagai sekolah dan universitas sebagai pembicara dalam talkshow yang membicarakan mengenai Blog. Selain talkshow, Bena juga kerap diminta untuk mengadakan seminar yang bertema tentang Blog atau Sosial Media.

Pada tahun 2009, blognya memenangkan penghargaan sebagai Blog Remaja Terbaik yang diselenggarakan oleh Pestablogger.[5] Pada tahun 2011, blog tersebut juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Blog Berbahasa Indonesia Terbaik di Indonesia 2011 (Best Blog in Indonesian 2011)[6] dari TheBOBs Deutsche Welle.

Tahun 2011, Bena dan kakak perempuannya sempat membuat sebuah online web riddle bernama NyonNyonNyon[7] yang berhasil mendapatkan Best Games Award pada acara SparxUp Awards 2011.[8] Lalu dilanjutkan tahun 2012, Blog Bena memenangkan Axis Blog Awards 2012 dalam kategori Blog Keseharian dan Rupa-rupa[9].

Awal maret 2013, Bena menerbitkan sebuah buku non-fiksi berjudul Benabook[10] yang bercerita tentang kisah-kisah menarik dan inspiratif dalam kehidupan pribadinya. Di dalam bukunya, Bena tidak hanya menuliskan cerita-cerita, tetapi juga memasukan banyak ilustrasi, tips, permainan, sampai teka-teki berhadiah yang terhubung dengan website khusus Benabook yaitu benabook.com.

Saat ini, Bena aktif dalam dunia blog dan juga dalam media sosial. Selain itu, ia juga sedang mendalami dunia film dan videografi. Berobsesi menjadi sutradara, ia mulai aktif membuat video di YouTube dan juga mulai merintis karier barunya sebagai videografer.

Karya tulis[sunting | sunting sumber]

Novel
  • 2013 - Benabook

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]