Ben X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ben X
Ben x poster.jpg
Poster Peluncuran
Sutradara Nic Balthazar
Produser Peter Bouckaert
Penulis Nic Balthazar
Pemeran Greg Timmermans
Laura Verlinden
Marijke Pinoy
Musik Praga Khan
Sinematografi Lou Berghmans
Penyunting Philippe Ravoet
Distributor Film Movement LLC
Summit Entertainment
Alliance Films
Tanggal rilis Bendera Belgia 26 September 2007
Durasi 93 min.
Negara Belgia
Belanda
Bahasa Belanda


Ben X adalah film dari Belgia pada tahun 2007 yang menceritakan kisah seorang anak laki-laki(diperankan oleh Greg Timmermans) yang menderita autisme yang melarikan diri ke dunia fantasi MMORPG ArchLord untuk menghindari penganiayaan. Judul film ini merupakan referensi dari frasa belanda "(ik) ben niks", yang berarti "(I) am nothing"--"Aku bukan siapa-siapa". Film ini memnangkan 3 penghargaan di Montreal 'World Film Festival' yang ke-31 untuk penghargaan 'the Grand Prix des Amériques', 'the Prix du Public' untuk film yang paling populer, dan 'the Ecumenical Jury Prize' untuk eksplorasi nilai etik dan sosial dari film ini. Film ini diangkat dari novel "Nothing was all he said" karangan Nic Balthazar, yang juga menyutradarai film ini[1]. Novel itu terinspirasi dari kisah nyata tentang seorang anak laki-laki yang menderita autisme yang bunuh diri karena penganiayaan yang dialaminya[2].

Film ini adalah entri dari Belgia untuk 'Academy Awards 2007' untuk kategori penghargaan untuk Film Berbahasa asing terbaik tetapi gagal menerima nominasi aktual

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Ben (Greg Timmermans) adalah seorang remaja yang sangat sering dianiaya di sekolah. untuk lari dari realita yang kejam, dia beralih ke dunia virtual dengan memainkan game online ArchLord. dalam game itu, dia menjadi seorang pahlawan yang percaya diri dan berani, terlebih lagi dia bekerja sama dengan pemain lain yang dikenal sebagai scarlite dalam petualangan-petualangannya.

suatu hari, ben mendapat penganiayaan lagi. saat istirahat sekolah, anak lain menyeret ben ke atas meja dan melorotkan celananya, sementara teman-teman sekelasnya merekam kejadian itu dengan kamera handphone. dengan komentar-komentar dan ejekan jahat dari teman-teman sekelasnya, ben merasa sangat terhina dan frustasi sehingga dia memecahkan kaca jendela dengan kursi. ben langsung dipanggil ke kantor kepala sekolah, dan diminta untuk menjelaskan kejadian itu. namun Ben tidak bicara sama sekali, sehingga kasus ini tidak selesai. saat adegan itu, terkuak bahwa Ben telah didiagnosis menderita Asperger Syndrome, sebuah bentuk autisme. Keadaan menjadi lebih buruk untuk Ben seperti kejadian di kelas diunggah diInternet. kebingungan akan kehidupannya, Ben bahkan sudah siap meninggalkan dunia virtualnya, dimana dia memberitahu Scarlite bahwa dia siap "endgame". Karena khawatir, Scarlite mengirimkan pesan video kepada Ben X(karena Scarlite tidak tahu seperti apa Ben itu) yang berisi bahwa dia tidak boleh mengakhirinya kecuali ada seorang penyembuh. Kemudian Scarlite meminta Ben untuk bertemu dengannya di stasiun kereta.

di stasiun keretan, ben melihat Scarlite, tapi tidak menemuinya. Scarlite mengira ben tidak datang sama sekali lalu naik kereta. Ben mengikutinya kedalam kereta dan duduk disampingnya, Ben merasa gugup dan gembira pada saat yang sama. saat kereta sudah mendekati Brysseks, Scarlite bertaknya kepada Ben(dalam bahasa Perancis) apakah dia baik-baik saja. Ben tidak menjawab dan meninggalkan Scarlite. setelah tidak berbicara kepada Scarlite, ben merenungkan untuk bunuh diri dengan melompat dari peron. saat ben siap melompat, Scarlite menariknya. Scarlite memberi ben pilihan untuk menyerah dan bunuh diri atau membalas dendam dan melawan, seperti yang akan Ben lakukan di Archlord. tapi, untuk memutuskan, dia harus menyusun rencana.

Ben (dengan Scarlite) meminta orangtuanya untuk membantu. dia memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat dari kapal feri. dia melakukannya, dan merekam kejadian itu. setelahnya, diadakan sebuah pemakaman untuk Ben, dan semua orang termasuk anak-anak yang menganiaya Ben hadr. saat pemakaman berlangsung, video memperlihatkan Ben dan kata-katanya(yang terlihat seperti surat bunuh diri). dalam video, para pengganggunya diekspos(dan tentunya teman-teman sekelasnya yang terlibat) apa yang mereka lakukan pada Ben pada hari itu. lalu, semua orah kaget, dan terkuak bahwa ben masih hidup, dengan bayangannya divideo dan ben yang terlihat di ruang proyektor. itu semua berbalik, ben memilih untuk membalas dedam pada para pengganggunya dengan memalsukan kematiannya. saat dia melompat dari kapal feri, orang tuanya menangkapnya di dek bawah, sebagai bagian dari rencananya.

setelah itu, Ben, Scarlite, ibunya, dan saudaranya pergi ke sebuah peternakan kuda di pinggiran kota. instruktur kuda mengajari Ben untuk menjinakan kuda dan memeberitahunya "kau harus belajar untuk merasakan, untuk merasa baik". ben menyentuk kuda dengan lembut, saat instruktur memberitahunya dan merasa senang. akhirnya ben pergi berbicara dengan Scarlite. Instruktur kuda terlihat bingung, dan terungkap bahwa ben sebenarnya sedang berbicara dengan dirinya sendiri. ibu ben mengatakan pada instruktur kuda bahwa semua baik-baik saja dan ben bahagia.

Penghagaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Grup Penghargaan Pemenang/Nominasi Menang
Istanbul International Film Festival Fipresci Prize Nic Balthazar Yes
Montréal World Film Festival Grand Prix des Amériques Nic Balthazar Yes
Most Popular Film
Prize of the Ecumenical Jury


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]