Ben Witherington III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ben Witherington)

Ben Witherington III
Lahir30 Desember 1951
High Point, NC
Suami/istriAnn Witherington
Anak2 (1 meninggal)
Kiprah di bidang teologi
Tradisi atau gerakanGereja Metodis
Minat utamaStudi Perjanjian Baru

Ben Witherington III adalah seorang sarjana Alkitab Perjanjian Baru yang berasal dari Amerika Serikat. Witherington adalah Professor of New Testament Interpretation pada Asbury Theological Seminary di Wilmore, Kentucky, dan seorang pastor yang ditahbiskan dalam United Methodist Church. Ia telah menulis lebih dari tiga puluh buku dan membuat banyak penampilan pada program radio dan televisi, dan sering tampil pada History Channel, Discovery Channel, dan network utama. Ia juga menulis blog pada Patheos.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lahir pada tanggal 30 Desember 1951, dan berasal dari High Point, North Carolina, Witherington masuk University of North Carolina at Chapel Hill serta lulus pada tahun 1974 dengan gelar Bachelor of Arts dalam bidang bahasa Inggris, dengan minor dalam bidang Filsafat dan Studi Agama. Ia meraih gelar M.Div. dari Gordon-Conwell Theological Seminary dan Ph.D. dari University of Durham di Inggris. Ia adalah anggota terpilih dari Studiorum Novi Testamenti Societas, suatu perkumpulan yang berfokus pada studi Alkitab Perjanjian Baru.

Karier[sunting | sunting sumber]

Witherington adalah Amos Professor of New Testament for Doctoral Studies pada Asbury Theological Seminary dan doctoral faculty St. Andrews University di Skotlandia. Ia dianggap sebagai salah satu sarjana evangelikal terkemuka di dunia.

Witherington juga mengajar pada Ashland Theological Seminary, Vanderbilt University, Duke Divinity School dan Gordon-Conwell. Sebagai pembicara populer, Witherington menyampaikan seminar bagi gereja, kolese dan pertemuan Alkitab tidak hanya di Amerika Serikat melainkan juga di Inggris, Estonia, Rusia, Eropa, Afrika Selatan, Zimbabwe dan Australia. Ia juga memimpin tur ke Italia, Yunani, Turki, Israel, Yordania, dan Mesir.

Witherington telah menulis lebih dari 40 buku, termasuk "The Jesus Quest" dan "The Paul Quest", keduanya terpilih sebagai karya studi Alkitab terbaik oleh Christianity Today. Ia juga menulis bagi banyak publikasi gereja dan ilmiah, dan merupakan kontributor situs web Patheos. Selain banyak wawancara pada network radio, Witherington juga tampil pada History Channel, NBC, ABC, CBS, CNN, The Discovery Channel, A&E, dan PAX Network.

Ia dikenal sebagai seorang pasifis yang saleh.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Witherington menikah dengan Ann Witherington dan mempunyai dua anak, Christy dan David.[2] Pada tanggal 11 Januari 2012 putri Witherington meninggal akibat pulmonary embolism.[2]

Buku pilihan[sunting | sunting sumber]

  • What Have They Done with Jesus? Harper Collins, 2007[3]
  • Making a Meal of It - Rethinking the Theology of the Lord's Supper, Baylor University Press, 2007[4]
  • Troubled Waters - Rethinking the Theology of Baptism, Baylor University Press, 2007
  • The Problem with Evangelical Theology: Testing the Exegetical Foundations of Calvinism, Dispensationalism, and Wesleyanism, Baylor University, 2007, reviewed at Christianity Today[5]
  • The Jesus Quest: The Third Search for the Jew of Nazareth. 2nd ed. Downers Grove, Ill.: InterVarsity Press, 1997.
  • The Paul Quest: The Renewed Search for the Jew of Tarsus. Downers Grove, Ill.: InterVarsity Press, 1998.
  • New Testament History: A Narrative Account. Grand Rapids, Mich. Carlisle, Cumbria, U.K. Paternoster Press,: Baker Academic ;, 2001.
  • Women and the Genesis of Christianity, with Ann Witherington, Cambridge [England] ; New York: Cambridge University Press, 1990.
  • The Gospel Code: Novel Claims About Jesus, Mary Magdalene, and Da Vinci. Downers Grove, Ill.: InterVarsity Press, 2004.
  • Women in the Earliest Churches, Monograph Series / Society for New Testament Studies. Cambridge ; New York: Cambridge University Press, 1988.
  • Complete Bibliography[pranala nonaktif permanen]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.patheos.com/blogs/bibleandculture/author/benw333/
  2. ^ a b Witherington III, Ben (April 2012). "When a Daughter Dies: Walking the Way of Grace in the Midst of Grief". Christianity Today. 
  3. ^ Harper Collins[pranala nonaktif permanen]
  4. ^ "Baylor University Press". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2014-04-29. 
  5. ^ Christianity Today, November 9, 2005

Pranala luar[sunting | sunting sumber]