Beluk-watu erasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beluk-watu erasia
Glaucidium passerinum
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22689194
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoStrigiformes
FamiliStrigidae
GenusGlaucidium
SpesiesGlaucidium passerinum
(Linnaeus, 1758)
Tata nama
Sinonim taksonStrix passerina Linnaeus, 1758
ProtonimStrix passerina
Distribusi

Range in green

Glaucidium passerinum atau beluk-watu erasia adalah burung hantu terkecil di Eropa. Warnanya kemerahan gelap hingga coklat keabu-abuan, dengan sisi berbintik dan setengah dari cincin putih di bagian belakang leher.[2] Spesies ini ditemukan di hutan boreal Eropa Utara dan Tengah hingga Siberia.

Ini adalah spesies menetap, yang berarti bahwa orang dewasa adalah penduduk sepanjang tahun dalam jangkauannya. Pengecualian mungkin terjadi pada musim dingin yang keras, ketika orang dewasa dapat bergerak ke selatan. Spesies muda biasanya bergerak di musim gugur atau musim dingin.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Glaucidium cuculoides berukuran sekitar 20,5-23 cm. Beluk-watu erasia dewasa ditandai dengan warna coklat kusam dengan garis-garis kasar yang pucat. Kepalanya bulat lebar dengan alis sempit keputihan, tanpa jumbai telinga. Perut berwarna keputihan bergaris. Panggul bawah berwarna coklat dengan garis lebar. Pada burung remaja, bagian atasnya memiliki garis pucat, sedangkan bagian bawahnya disertai garis gelap yang lebih menyebar. Mahkotanya juga lebih berbintik-bintik.[3]

Spesies ini dapat ditemukan hidup di hutan berdaun lebar yang terbuka, rumpun pohon; hingga 1.980 m. Ia sering bertengger di tempat terbuka pada siang hari. [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Glaucidium passerinum". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ "Eurasian Pygmy Owl (Glaucidium passerinum)". The Owl Pages. 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-12. Diakses tanggal 2020-08-04. 
  3. ^ a b Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 68. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]