Lompat ke isi

Belontok totol-biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belontok totol-biru
Opistognathus rosenblatti Edit nilai pada Wikidata

A blue-spotted jawfish at Monterey Bay Aquarium
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN155269 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliOpistognathidae
GenusOpistognathus
SpesiesOpistognathus rosenblatti Edit nilai pada Wikidata
Allen, 1991

Belontok totol-biru ( Opistognathus rosenblatti ) adalah spesies ikan belontokyang berasal dari Teluk California . Ia merupakan penghuni terumbu karang yang ditemukan dalam koloni besar di kedalaman sekitar 12 meter (39 ft) . Spesies ini bersembunyi di liangnya pada malam hari, menutup pintu masuk sepenuhnya. Setiap pagi, ia membangun kembali pintu masuk liang. Panjangnya bisa mencapai 10 sentimeter (3,9 in) TL . Hal ini juga dapat ditemukan dalam perdagangan akuarium . [2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Belontok totol-biru memiliki bercak biru elektrik di atas tubuh berwarna kuning atau oranye dengan sirip punggung berwarna kuning yang anggun. Mereka mempunyai mata yang besar sehingga membuat mereka terlihat seperti "alien". [3] Jantan memiliki warna putih mencolok di bagian anteriornya. Betina dan jantan yang tidak kawin berwarna coklat tua dan memiliki bintik biru yang lebih besar. Ikan belontok yang lebih muda berwarna kuning seragam dengan bintik-bintik biru.

Biologi[sunting | sunting sumber]

Belontok diberi nama karena mulutnya yang besar, yang memungkinkan mereka menangkap makanan. Mulutnya yang besar juga memungkinkan mereka menggali liang dengan mengambil pasir dalam jumlah besar dan meludahkannya untuk membuat tempat persembunyian. [4] Beberapa ikan belontok memakan cacing, krustasea, dan invertebrata, tetapi ikan rahang berbintik biru memakan hewan kecil: invertebrata bentik dan planktonik . Mereka adalah spesies kolonial dan dapat ditemukan dalam koloni yang cukup besar. [5]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Belontok totol biru sangat sosial di antara anggota spesiesnya yang lain. Mereka tidak agresif kecuali terhadap mereka yang mencoba memasuki liangnya. Mereka ditemukan di perairan dingin di kedalaman laut yang lebih dalam di reruntuhan berpasir dan kawasan terumbu. Mereka hidup dalam koloni hingga beberapa ratus ikan, dengan jarak tanam minimal 1 hingga 3 m (3,3 hingga 9,8 ft) antar individu. Mereka menutup pintu masuk liang mereka saat senja dan membangun kembali bukaannya setiap pagi. Berbeda dengan Opistognathus aurifron, ikan belontok totol-biru hanya menghabiskan waktu di luar liangnya selama musim panas yang hangat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McCosker, J.E.; Acero, A.; Espinosa, H. (2010). "Opistognathus rosenblatti". 2010: e.T155269A115294092. doi:10.2305/IUCN.UK.2010-4.RLTS.T155269A4762175.en. 
  2. ^ Bob Fenner (January 2012). "A Cool Fish in More Than One Sense: The Blue-Spotted Jawfish Opistognathus rosenblatti (full article)". Tropical Fish Hobbyist Magazine. Diakses tanggal 25 October 2018. 
  3. ^ "Blue Spotted Jawfish". saltwaterfish.org. Diakses tanggal 25 October 2018. 
  4. ^ "Opistognathus rosenblatti - Blue-Spotted Jawfish". Blue Zoo Aquatics. Diakses tanggal 25 October 2018. 
  5. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2006). "Opistognathus rosenblatti" di situs FishBase. Versi April 2006.