Beinye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beignet
Flour Beignets from Louisiana
JenisFritter
Tempat asalFrance
Bahan utamaDough, powdered sugar
VariasiSourdough
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Beignet atau, benye, beinye ( /ˈbɛnj/ BEN-yay, juga US /bnˈj, bɛnˈj/ bayn-YAY-,_-BEN-yay, [1] berarti "kembung") adalah sejenis roti , atau kue goreng , terbuat dari pâte à choux, tetapi bisa juga dibuat dari jenis adonan lain, termasuk adonan ragi. Di Perancis setidaknya ada 20 versi berbeda. Bentuknya bisa bermacam-macam, tepung yang digunakan untuk adonan, dan isiannya. Mereka populer dalam masakan Prancis, Italia, dan Prancis-Amerika.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Istilah beinye dapat diterapkan pada dua jenis, tergantung pada jenis kuenya. Beinye ala Perancis di Amerika memiliki arti khusus yaitu kue sus goreng. [2]

Beinye juga bisa dibuat dengan kue ragi, [3] yang mungkin disebut boule de Berlin dalam bahasa Prancis, mengacu pada donat Berliner, yang tidak memiliki lubang donat khas, diisi dengan buah atau selai.

Di Korsika, beinye dibuat dengan tepung kastanye ( beignets de farine de châtaigne</link> ) dikenal sebagai fritelli .

Di Perancis Kanada, donat disebut bergantian sebagai beigne atau beignet .

Di bekas kerajaan kolonial Perancis di Afrika Barat, beignet adalah bola kecil adonan goreng, di Senegal terkadang dibuat dengan tepung millet dan bukan gandum, setara dengan Puff-puff . [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "beignet". The American Heritage Dictionary of the English Language (edisi ke-5th). Boston: Houghton Mifflin Harcourt. 2014. 
  2. ^ Davidson, Alan (1999). Oxford Companion to FoodPerlu mendaftar (gratis). Oxford University Press. hlm. 70. ISBN 9780192115799. 
  3. ^ "Beignet History and Recipe". WhatsCookingAmerica.net. 21 April 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 9, 2016. Diakses tanggal February 13, 2017. 
  4. ^ "Beignets dougoub (beignets de mil soufflés)". Senecuisine. 10 May 2018. Diakses tanggal 25 May 2023.