Becherovka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebotol minuman Becherovka.

Becherovka (pengucapan bahasa Ceko: [ˈbɛxɛˌrofka]), sebelumnya bernama Karlsbader Becherbitter, adalah minuman beralkohol pahit-manis (bitter) beraroma herbal, sering diminum untuk dapat meringankan pencernaan, yang diproduksi di Karlovy Vary, Republik Ceko oleh perusahaan Jan Becher. Merek itu dimiliki oleh Pernod Ricard[1].

Becherovka sering digambarkan memiliki rasa beraroma jahe atau beraroma kayu manis[2]. Ini terbuat dari resep rahasia berdasarkan berbagai ramuan dan rempah-rempah. Kandungan alkoholnya adalah 38% ABV (76 proof). Biasanya disajikan dingin[1].

Beberapa menyajikannya dengan air tonik, menghasilkan minuman koktail yang disebut beton (becherovka dan tonik) yang berarti "konkret" di Ceko, dan banyak bahasa lainnya. Koktail ini sangat populer di Republik Ceko selama tahun 90an.

Museum Jan Becher di Karlovy Vary dikhususkan untuk Becherovka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penemu Becherbitter adalah Josef Vitus Becher (1769-1840). Selain perdagangan rempah-rempah dan barang-barang kolonial di tokonya, "Haus zu den drei Lerchen" ("Di Tiga Skylarks"), ia juga menghasilkan minuman beralkohol. Pada tahun 1794, ia menyewa rumah pekarangan dan mulai bereksperimen dengan alkohol keras. Mengikuti contoh nenek moyangnya, ia juga bertugas di kantor publik (sebagai anggota dewan, wali kota dan petugas pengamanan desa). Josef menikah dua kali (istri pertamanya meninggal karena pneumonia) dan memiliki total 16 anak, meskipun hanya lima anak perempuan dan dua putra yang hidup lebih lama darinya. Putra Josef, Johann "Jan" Nepomuk Becher, mengambil alih pada tahun 1838.

Dari tahun 1998 sampai 2003, becherovka versi Slovakia juga dijual, diproduksi oleh Zdenek Hoffmann di Domažlice (dahulu Taus) di Bohemia, yang mengklaim bahwa Alfred Becher telah memberikan resep kakeknya pada tahun 1939, dengan hak untuk memproduksi produk tersebut, karena sepertinya ia khawatir bahwa rahasianya mungkin tidak bisa bertahan dalam perang. Hoffmann tidak dapat membuktikan hal ini di pengadilan, dan pada tahun 2007 dijatuhi hukuman oleh pengadilan distrik Domažlice.

Produsen mengatakan bahwa hanya dua orang yang mengetahui rahasia keseluruhan proses produksi dan mungkin memasuki ruang Drogikamr, di mana seminggu sekali, mereka mencampur bumbu dan rempah-rempah yang digunakan dalam minuman tersebut. Beberapa ramuan itu diimpor dari luar negeri, dan beberapa di sekitar Karlovy Vary[3] .

Lemond[sunting | sunting sumber]

Becherovka Lemond

Becherovka Lemond adalah nama komersial dari minuman keras yang telah diproduksi oleh Becherovka sejak tahun 2008[4]. Ini didasarkan pada Becherovka tradisional, namun memiliki kandungan alkohol lebih rendah[5]. Lemond biasanya dikonsumsi langsung dan mengambil namanya dari minuman rasa jeruk. Resepnya dirahasiakan, sama seperti resep Becherovka tradisional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Becherovka". Pernod Ricard. Diakses tanggal 19 September 2017. 
  2. ^ http://www.thekitchn.com/product-review-recipes-bechero-153045
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-11-25. Diakses tanggal 2009-12-06. 
  4. ^ "About Us & History". Jan Becher – Karlovarská Becherovka, a. s. Diakses tanggal 6 Januari 2016. 
  5. ^ "Becherovka Lemond". Jan Becher – Karlovarská Becherovka, a. s. Diakses tanggal 7 Januari 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]