Becak mesin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tampak dua becak mesin sedang melintas di jalanan Medan.

Becak mesin adalah istilah yang digunakan di Sumatera untuk becak yang digerakkan dengan mesin, disebut juga sebagai becak motor. Becak mesin ini merupakan moda yang sangat populer untuk perjalanan dari pintu ke pintu (door to door service).

Berbeda dengan di Jawa, Sulawesi pengemudi becak di Sumatera berada disamping sehingga lebar becak beserta pengemudinya hampir menyamai mobil sehingga ketika berkeliaran di jalan[1] akan membuat jalan terlihat penuh. Untuk becak mesin karena kecepatannya tinggi pengemudinya diwajibkan untuk menggunakan helm.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya digunakan mesin dua langkah Rex buatan Jerman yang sederhana berukuran silender kecil yang dipasang pada becak dayung. kemudian berkembang menggunakan sepeda kumbang Gobel yang dikayuh untuk menghidupkannya dan beberapa merk lainnya, sekarang digunakan motor produksi baru yang banyak dipasarkan di Indonesia untuk menggerakkan becak tersebut. Sepeda motor yang digunakan di Medan[2] untuk dijadikan becak motor ini biasanya adalah sepeda motor merek Honda Win.

Sedikit berbeda dengan kota Siantar[3] di Sumatera Utara yang berbukit-bukit pada tahun 1940an dan 1950an menggunakan becak dengan mesin berukuran besar (350 cc sampai dengan 500 cc) seperti BSA, Norton, Java peninggalan perang dunia kedua, disebut juga sebagai Becak Siantar. Masyarakat Pematang Siantar[4] berusaha mempertahankan orisinalitas kendaraan angkutan umum melegenda bagi masyarakat Pematang Siantar, kota yang terletak 45 kilometer dari Danau Toba.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Desain Becak Medan Yang Membuat Macet [1]
  2. ^ Becak Motor Sumatera Utara [2]
  3. ^ Nikmati Kendaraan Sisa Perang [3]
  4. ^ Erizal Ginting, Menjaga Ikon Pematang Siantar [4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]