Bayam raja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bayam raja
Amaranthus viridis
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliAmaranthaceae
SubfamiliAmaranthoideae
GenusAmaranthus
SpesiesAmaranthus viridis
Linnaeus, 1763

Amaranthus viridis adalah spesies kosmopolitan dalam keluarga botani Amaranthaceae dan umumnya dikenal sebagai bayam kecil atau bayam raja .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Amaranthus viridis adalah ramuan tahunan dengan batang tegak berwarna hijau muda yang tumbuh sekitar 60–80 tingginya cm. Banyak cabang muncul dari pangkalnya, dan daunnya bulat telur, 3–6 panjang cm, 2–4 lebar cm, dengan panjang tangkai daun sekitar 5 cm. Tanaman ini mempunyai malai terminal dengan sedikit cabang, dan bunga kecil berwarna hijau dengan 3 benang sari.[1]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Amaranthus viridis dimakan sebagai sayuran rebus atau sebagai sayuran di banyak belahan dunia.

Di negara bagian Manipur, India Timur Laut, dikenal sebagai cheng-kruk ; itu juga dimakan sebagai sayuran di India Selatan, khususnya di Kerala, yang dikenal sebagai kuppacheera കുപ്പച്ചീര. Ini adalah sayuran umum dalam masakan Bengali, yang disebut note shak ("shak" berarti sayuran berdaun). Ini adalah sayuran yang sangat umum digunakan dalam Masakan Odia sebagai Saaga, yaitu sebagai Kosila Saaga atau Marshi Saag di daerah pedesaan.

Itu juga dimakan sebagai sayuran di beberapa bagian Afrika. [2] Daun tanaman ini, yang dikenal sebagai massaagu di Dhivehi, telah digunakan dalam makanan orang Maladewa selama berabad-abad dalam masakan seperti mas huni . Nama Yoruba di Afrika Barat untuk tanaman ini adalah Ewe Tete dan digunakan untuk tujuan pengobatan dan spiritual.

Pada abad ke-19 A. viridus, atau bayam raja merupakan salah satu makanan di Australia. Ahli botani Joseph Maiden menulis pada tahun 1889: "Ini adalah pengganti bayam jepang yang sangat baik, jauh lebih unggul daripada sebagian besar daun bit putih yang dijual untuk bayam di Sydney. Di samping bayam jepang, daun ini tampaknya paling mirip dengan daun jelatang rebus, yang bila muda digunakan di Inggris, dan sangat baik. Bayam raja ini harus dimasak seperti bayam jepang dan seiring dengan semakin dikenalnya bayam raja, pasti akan populer, kecuali di antara orang-orang yang mungkin menganggapnya merendahkan martabat mereka jika ada hubungannya dengan rumput liar."  [3]

Bayam raja juga memiliki kumpulan biji kacang yang dapat dimakan, yang dapat dimakan sebagai makanan ringan atau digunakan dalam biskuit. Bubur bisa dibuat dengan merebus bijinya dalam air. Berbeda dengan bayam lainnya, bijinya mudah dipanen dengan cara menggores bagian biji yang sudah matang di antara jari.

Amaranthus viridis digunakan sebagai ramuan obat dalam pengobatan Ayurveda tradisional, dengan nama Sansekerta Tanduliya .[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tanaka, Yoshitaka; Van Ke, Nguyen (2007). Edible Wild Plants of Vietnam: The Bountiful Garden. Thailand: Orchid Press. hlm. 24. ISBN 978-9745240896. 
  2. ^ Grubben, G.J.H. & Denton, O.A. (2004) Plant Resources of Tropical Africa 2. Vegetables. PROTA Foundation, Wageningen; Backhuys, Leiden; CTA, Wageningen.
  3. ^ J. H. Maiden (1889). The useful native plants of Australia : Including Tasmania. Turner and Henderson, Sydney. 
  4. ^ R.V. Nair, Controversial drug plants