Batu kali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Batu kali adalah bongkahan batu yang umumnya ukurannya tidak beraturan yang didapatkan dari sungai ataupun gunung.

Batu kali merupakan salah satu bahan bangunan yang penting untuk membangun rumah/bangunan, yaitu sebagai pembuatan fondasi rumah/bangunan. Batu kali dipasang bersama mortar (campuran semen, pasir, dan air) sebagai konstruksi awal pembuatan dinding rumah.

Batu kali juga merupakan bahan bangunan yang tahan terhadap kondisi lingkungan seperti hujan dan panas, sehingga sampai saat ini penggunaannya sebagai fondasi rumah masih belum tergantikan dengan bahan buatan.

Jenis[sunting | sunting sumber]

  • Batu kali bulat

Batu kali bulat adalah batuan alami yang bentuknya bulat tidak beraturan yang biasanya didapat kan dari sungai. Bahan bangunan ini cukup keras dan tahan terhadap cuaca namun mortar kurang mengikat/menempel kuat karena tekstur permukaannya halus.

  • Batu kali belah

Batu kali belah adalah batuan alami yang bentuknya besar lalu dihancurkan menjadi ukuran sekitar 30-40 cm yang biasanya didapatkan dari gunung atau perbukitan, namun terkadang ada juga yang didapatkan dari sungai. Batu kali jenis ini merupakan bahan bangunan yang paling baik untuk pembuatan fondasi karena selain bahan ini keras, tekstur permukaannya pun cukup kasar karena hasil pemecahannya sehingga mortar mengikat/menempel dengan kuat.