Berkas tumpak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Batch file)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berkas tumpak (bahasa Inggris: batch file) adalah sebuah berkas teks yang berisi beberapa seri perintah untuk dijalankan oleh interpreter perintah (command interpreter). Dapat didefinisikan sebagai kumpulan perintah-perintah command line yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows. Berkas tumpak biasanya berekstensi ".bat" atau ".cmd". Pemrograman berkas tumpak sangat sederhana, yakni mengetik source code program pada Notepad atau text editor lainnya, lalu menyimpannya dengan ekstensi ".bat".

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

Pada era MS-DOS, penggunaan berkas tumpak sangat familiar di lingkungan pengguna. Dengan berkas tumpak tersebut, mereka dapat mengulang-ulang suatu perintah yang terdapat dalam berkas tumpak untuk dieksekusi di lain waktu ketika dibutuhkan. Pemrograman berkas tumpak bisa dibilang sederhana dan tidak membutuhkan keahlian pemrograman khusus karena berkas tumpak hanya berisi baris perintah yang dijalankan secara urut dari atas ke bawah, walau tidak menutup kemungkinan penggunaan perintah goto untuk melompat ke perintah tertentu. Lalu kemudian muncul sistem operasi berbasis GUI dan menggunakan mouse membuat banyak dari pengguna meninggalkan penggunaan berkas tumpak ini, tetapi sebagian pengguna masih setia menggunakan berkas tumpak ini. Menggunakan sistem berbasis GUI memang mudah untuk orang awam, tetapi penggunaan berkas tumpak mempunyai nilai lebih, yakni kita diajak berpikir untuk menyusun perintah-perintah yang akan dimasukkan ke dalam berkas tumpak sehingga otak kita akan semakin terlatih kemampuan berpikirnya.

Pemrograman batch file tidak lain adalah Unix Shell Programming versi Windows. Di dalam DOS, berkas tumpak merupakan file teks berisi rentetan perintah yang akan dieksekusi oleh command interpreter untuk kemudian dieksekusi satu persatu secara urut seperti saat kita mengetikkan command di MS-DOS. Hanya saja dengan berkas tumpak, perintah-perintah tersebut dimasukkan ke dalam suatu file untuk otomatisasi penggunaannya.

Batch file ini sendiri dapat dicontohkan seperti shortcut ikon yang ada di Windows atau Mac, yakni seperti jalan pintas untuk menjalankan satu atau lebih perintah ke dalam satu langkah mudah. Contoh lainnya adalah AUTOEXEC.BAT yang merupakan berkas boot sederhana yang dimuat pada MS-DOS. Berkas tumpak tersebut berisi semua perintah yang digunakan untuk menjalankan MS-DOS setiap kali komputer melakukan booting.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Berkas tumpak adalah berkas teks yang berisi serangkaian perintah yang paling umum digunakan untuk memulai menggunakan program dan menjalankan utilitas. Berkas tumpak melakukannya dengan salah satu perintah yang biasa diperlukan, bukan perintah ganda. Mereka dapat disamakan dengan ikon cara pintas seperti yang terlihat dalam butir-&-klik sistem operasi, tetapi berkas tumpak jauh lebih kuat.

Menggunakan berkas tumpak untuk memulai sebuah program sering berarti bahwa pernyataan path anda mungkin dibuat lebih pendek. Ini berarti lebih sedikit direktori di mana DOS harus mencari selama operasinya. Memiliki jalan yang lebih singkat juga akan memberikan ruang bagi program-program lain yang mungkin memerlukan pencantuman jalan agar berfungsi dengan benar.

Selanjutnya, berkas tumpak yang canggih dapat memperbaiki program yang dimulai oleh semua atau bagian dari program ke atas yang membutuhkan lebih banyak ruang pada memori sehingga membebaskan lebih banyak ruang pada memori konvensional. Banyaknya ruang kosong pada memori konvensional berarti program Anda memiliki ruang bernapas dan akan ada ruang untuk menjalankan utilitas. Kemampuan yang sama ini mungkin telah ada di baris perintah, tetapi perintah ini kemungkinan besar akan rumit dan sulit untuk diingat.

Dengan satu perintah, berkas tumpak dapat menjalankan program konfigurasi yang diinginkan dan dapat meminta file terkait, seperti pengolah kata dokumen atau spreadsheet akan diambil setelah program utama berjalan. Ini menghemat pengguna mencari dokumen dan menerbitkan perintah-perintah yang diperlukan untuk memuatnya. Salah satu perintah sederhana dari username melakukan itu semua tanpa dokumen pada konfigurasi yang dipilih pengguna dan dengan pilihan pengguna.

Menggunakan berkas tumpak untuk menjalankan utilitas berarti dapat memiliki akses langsung ke sana. Jika ada perintah yang sering digunakan oleh opsi tertentu, mereka dapat dimasukkan dalam berkas tumpak. Dengan demikian, berkas tumpak dapat menyelamatkan Anda dari keharusan pengetikan perintah setiap kali Anda menggunakan utilitas. Lebih baiknya, menggunakan berkas tumpak berarti tidak ada kemungkinan salah pengetikan parameter ini.

Berkas tumpak pada DOS juga dapat membuat keputusan untuk melakukan operasi hanya jika kondisi tertentu ada atau tidak ada. Bahkan, berkas tumpak paling canggih yang dapat menandingi perintah biasanya tidak disertakan dengan sistem operasi DOS.

Hal ini mirip dengan fitur pada Windows File Association, tetapi dengan banyak keuntungan karena sejumlah berkas tumpak bisa ditulis untuk memuat masing-masing file yang sama, tetapi berbeda atribut atau opsi start-up. Bahkan, salah satunya yang memiliki file yang sama dapat dimuat ke program yang berbeda secara spesifik, tetapi berbeda pilihan. Pengguna tidak pernah mengubah konfigurasi tersebut secara manual.

File Ekstensi Batch File pada DOS[sunting | sunting sumber]

Ekstensi .bat merupakan ekstensi pertama yang digunakan oleh Microsoft untuk berkas tumpak. Ekstensi ini berjalan pada MS-DOS dan semua versi dari Microsoft Windows. MS-DOS menggunakan command.com untuk mengeksekusi berkas tumpak, sedangkan Windows menggunakan cmd.exe untuk menjalankannya.

Cara Kerja Batch File[sunting | sunting sumber]

Ketika sebuah berkas tumpak dijalankan, program shell yang berupa command.com akan membaca berkas tersebut dan kemudian mengeksekusi perintahnya secara baris demi baris. Berkas tumpak berguna untuk menjalankan rangkaian dari beberapa perintah yang dapat dieksekusi (executable) secara otomatis dan sering digunakan oleh sistem administrator untuk mengotomatisasi banyak proses secara bersamaan. Perintah berkas tumpak bersifat tak peka kapital (bahasa Inggris: case insensitive). Jadi, tidak ada perbedaan maksud antara huruf kapital dengan huruf kecil, tetapi parameter perintah dan variabel bersifat peka kapital (bahasa Inggris: case sensitive).

Dalam DOS batch command, perintah-perintah seperti Copy, Dir, Delete disebut dengan perintah internal. Sedangkan perintah semisal Format, Undelete, Backup merupakan bagian dari perintah eksternal. Setiap kita menjalankan perintah pada berkas tumpak DOS, baik internal ataupun eksternal, command.com akan langsung menjalankan peritah internal atau memanggil program eksternal yang terpisah dan menjalankan perintah tersebut untuk kemudian mengembalikan hasilnya dalam bentuk perintah eksternal.

Fungsi Batch File[sunting | sunting sumber]

Katakanlah Anda perlu menjalankan seperangkat perintah berulang kali untuk melakukan tugas rutin seperti Back up File Penting, menghapus file-file sementara (*.tmp, *.bak, ...), maka sangat repot jika kita harus mengetikkan perintah-perintah yang sama setiap kali kita akan melakukan tugas yang sama. Maka diperlukanlah berkas tumpak untuk mengatasi hal tersebut, sehingga setiap kali kita butuh untuk melakukan sebuah tugas tertentu dalam DOS kita tinggal jalankan saja berkas tumpak yang sudah kita buat sebelumnya. Hal ini tentu akan sangat efektif daripada harus mengetikkan perintah-perintah yang sama, sehingga dapat menghemat waktu.

Dalam keseharian, berkas tumpak dapat memiliki dua fungsi, yakni fungsi positif dan fungsi negatif. Dikatakan berfungsi positif jika berkas tumpak digunakan untuk tune up, program administrator, backup, dan lainnya. Berkas tumpak berfungsi negatif jika ia digunakan untuk membuat virus, cracker, dan sebagainya.

Dasar membuat File Batch[sunting | sunting sumber]

Untuk membuat berkas tumpak, berikut contoh sederhananya:

  • Buka jendela perintah ("CMD.EXE"), ketik: "edit test.bat" dan tekan "enter"
  • Jika mengetiknya benar, maka layar akan menjadi biru. Dalam layar ketik:
pause
dir c:\windows
pause
dir c:\windows\system
pause
  1. Setelah itu, Klik “file” kemudian “exit”. Ketika diminta untuk menyimpan, pilih “yes”. Pengguna yang tidak memiliki kursor mouse dapat melakukan hal tersebut dengan menekan Alt+F untuk mengakses menu “File”, lalu tekan “x” untuk exit dan “enter” untuk menyimpan perubahan.
  2. Setelah anda kembali ke MS-DOS Prompt, ketik: tes dan tekan “enter”. Hal ini akan mengeksekusi file test.bat dan menjalankan file. Karena baris pertama adalah pause, maka Anda akan diminta untuk menekan tombol. Setelah itu, berkas tumpak akan berjalan baris demi baris.

Jika anda ingin menambahkan baris perintah pada berkas tumpak, cukup dengan mengetikkan edit test.bat untuk mengeditnya, tetapi beberapa versi MS-DOS tidak memiliki perintah Edit. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu mendapatkan file edit.com untuk mengakses file ini atau dengan copy con command.

Contoh Batch[sunting | sunting sumber]

Pemrograman batch sangat sederhana, cukup ketik source code program pada Notepad atau text editor lainnya, lalu simpan dengan ekstensi .bat. Untuk awalnya, buka Notepad terlebih dahulu yang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Klik Start >> All Programs >> accessories >> Notepad.
  • Klik kanan di tengah desktop >> New >> Text Document >> Lalu klik ikon text document-nya.

Setelah jendela Notepad terbuka, barulah Anda mengetikkan command-command batch-nya di Notepad tersebut. Untuk hal pertama, cobalah terlebih dahulu dengan command yang sederhana sebagai berikut.

   @echo off
Tidak menampilkan tulisan "echo"
   echo Selamat Pagi!
Menulis pesan "Selamat Pagi!" ke layar
   pause
Pause menunggu user untuk menghentikan program


Setelah itu, klik File >> Save As >> nama.bat atau coba.bat

Perlu diingat di sini, ekstensi file tersebut haruslah *.bat (ekstensi adalah kata setelah titik) yang menandakan file tersebut adalah file *.bat. Tidak hanya itu saja perintah yang dapat kita buat, masih banyak lagi perintah dengan variasi yang sangat sulit untuk dipelajari. Masih banyak lagi berkas tumpak yang dapat kita buat, tetapi sebelumnya mari kita pelajari mengenai beberapa syntax pada berkas tumpak.

Beberapa Command Batch[sunting | sunting sumber]

  • › Copy = membuat duplikat suatu file ke direktori lainnya.
  • › Del = Menghapus sebuah file dari suatu direktori.
  • › Echo = menulis pesan ke layar, sedangkan untuk syntax echo off, digunakan untuk meniadakan tampilan echo.
  • › Goto = melompat dari suatu syntax ke label.
  • › Help = melihat command batch lainnya.
  • › Start = menjalankan suatu program.
  • › Pause = Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan sembarang tombol, di mana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue... Untuk menghilangkan pesan ini dapat diketikkan PAUSE > NUL.
  • › If = Digunakan untuk memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tersebut tersedia.
  • › Rem = Kependekan dari REMARK, merupakan suatu perintah yang mengakibatkan suatu baris perintah menjadi tidak berfungsi, akan diabaikan dan tidak diproses.
  • › Cls = Sama seperti perintah DOS, yaitu digunakan untuk menghapus layar.
  • › Exit = keluar dari jendela DOS jika berkas tumpak berjalan dari Windows.

Beberapa Operator[sunting | sunting sumber]

  • @ = berguna untuk membuat syntax menjadi tidak terlihat di layar atau untuk tidak menampilkan baris perintah di sebelah kanan layar.
  • : = tanda label.
  • > = menuliskan sesuatu dengan meniban isi file yang sudah ada.
  • >> = menuliskan sesuatu pada baris yang baru.
  • :: = komentar, tidak dieksekusi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

[[Kategori:Bahasa indonesia