Bataviasche Nouvelle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bataviasche Nouvelle atau Bataviase Nouvelles adalah iklan pertama di Belanda yang terbit pada 8 Agustus 1744 sekaligus merupakan surat kabar pertama di Batavia (Jakarta). Surat kabar ini adalah surat kabar Belanda karena dicetak dan diterbitkan oleh Vereenigde Oost Compagnie (VOC). Hampir seluruh halamannya dipenuhi oleh iklan. Koran pertama di Hindia Belanda ini hidup selama dua tahun. Koran ini menjadi yang pertama kali dibreidel di Hindia Belanda setelah dipaksa berhenti beredar pada 7 Juni 1946 atas perintah Dewan XVII di Belanda yang merupakan pusat kebijakan VOC. Alasannya karena pemberitaannya tentang perdagangan di Hindia Belanda dikhawatirkan akan dimanfaatkan para pesaing VOC di Eropa[1].

Kemungkinan nama "Bataviasche" dipakai dari kata "Batavia" yaitu nama Jakarta pada abad 18, karena surat kabar ini diterbitkan di Batavia. Bataviase merujuk pada sebutan yang diharapkan berlaku pada orang Batavia, orang yang hidup di dalamnya, atau mempunyai selera Batavia. Sedangkan "Nouvelle" dalam bahasa Perancis artinya novel sedangkan dalam bahasa Belanda adalah "novelle." Nouvelle menunjukkan kebaruan dan semangat menjadi yang terdepan.

Surat kabar ini diprakarsai oleh Jan Pieterszoon Coen dan bahkan ia adalah penerbit dari Bataviasche Nouvelle. Surat kabar ini didirikan oleh kosmopolit dan penjelajah bernama Jan Erdman Jordens[2]. Dengan terbitnya surat kabar ini, JP Coen membuktikan bahwa berita-berita dapat disampaikan dengan metode periklanan juga. Ia juga memuat iklan tentang produk-produk baru sebagai salah satu upaya promosi.

  1. ^ Rahzen, T., Dahlan, M., 2007, Yang Pertama Yang Dibreidel, dalam Seabad Pers Kebangsaan, Diedit oleh Rahzen, T., dkk, Jakarta: IBoekoe.
  2. ^ Rahzen, T., Dahlan, M., 2007, Yang Pertama Yang Dibreidel, dalam Seabad Pers Kebangsaan, Diedit oleh Rahzen, T., dkk, Jakarta: IBoekoe, Hal.5.