Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Penghiburan, Carey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Penghiburan
Basilika Minor Tempat Ziarah Nasional Bunda Penghiburan
Inggris: Basilica and National Shrine of Our Lady of Consolation
Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Penghiburan
LokasiCarey, Ohio
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Penghiburan (Latin: Basilicæ Templum de Nostræ Dominæ Consolatricis Inggris: Basilica and National Shrine of Our Lady of Consolation) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Carey, Ohio di Amerika Serikat. Basilika ini didedikasikan kepada Perawan Maria yang Terberkati dengan gelar Bunda Penghiburan. Basilika Maria inidikelola oleh Ordo Santo Fransiskus dan ditetapkan sebagai Tempat ziarah nasional oleh Kantor Suci.

Paus Paulus VI menaikkan status tempat suci Maria menjadi Basilika minor melalui dekrit Kepausannya Quam Prope Assit pada tanggal 21 Oktober 1971. Dekrit tersebut ditandatangani dan diaktakan oleh Kepala Dewan Kardinal dan Rektor Agung Laporan Apostolik, Kardinal Luigi Traglia.

Signifikansi[sunting | sunting sumber]

Patung Maria Bunda Penghibur (1875) yang dihormati di dalam basilika.

Salah satu dari lima basilika Katolik Roma di Ohio, ini adalah salah satu dari sekitar 85 basilika di Amerika Serikat. Ini adalah tempat ziarah tahunan umat Katolik Roma (terutama dari Timur Tengah) untuk menandai Pesta Maria Diangkat ke Surga, yang dirayakan pada tanggal 15 Agustus setiap tahun. Basilika ini ditetapkan sebagai tempat suci bagi Bunda Penghibur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Devosi kepada Bunda Penghibur menyebar ke Amerika Serikat, tempat kuil pertama dibangun di Carey, Ohio. Sebuah patung ditugaskan dan tiba dari Luksemburg pada tahun 1875, di mana bekas pengabdiannya telah berdiri dengan baik.

Uskup Agung Toledo, Joseph Schrembs mengundang para Fransiskan Konventual dari Provinsi Dikandung Tanpa Noda di Syracuse, New York untuk mengambil alih tempat suci tersebut.[1]

Pada tahun 1923, anggota Ku Klux Klan mengadakan demonstrasi tandingan terhadap prosesi tahunan menjelang Hari Raya Maria Diangkat ke Surga, namun berakhir dengan mengadakan pertemuan di pinggiran kota.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]