Basilika Santo Venantius, Camerino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Venantius
Basilika Minor Santo Venantius
bahasa Italia: Basilica di San Venanzio
Basilika Santo Venantius
LokasiCamerino
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Santo Venantius (bahasa Italia: Basilica di San Venanzio) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang dibangun dengan struktur Gotik akhir dengan restorasi Neoklasik, dan terletak di kota Camerino, provinsi Macerata, wilayah Marche, Italia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika saat ini merupakan kumpulan elemen yang sangat eklektik dari era yang berbeda. Fasadnya saja memiliki portal Romawi, Gotik jendela mawar, dan Neoklasik pronaos. Struktur gereja rusak parah akibat gempa tahun 2016.

Gereja ini berdiri di sekitar makam San Venanzio (Venantius dari Camerino), dan bukti menunjukkan bahwa struktur tersebut dibangun di atas pemakaman Romawi Kuno. Setelah kota ini dijarah pada tahun 1256 oleh pasukan Raja Swabia Manfred, gereja tersebut rusak parah dan hampir seluruhnya hancur. Peninggalan orang suci itu dicuri ke Bari selama hampir satu dekade. Gereja ini awalnya terletak di luar tembok awal abad pertengahan, tetapi kemudian dilindungi oleh tembok baru yang didirikan pada tahun 1384 oleh tuan Giovanni Varano.

Hampir semua bangunan di kota harus dibangun kembali, termasuk mausoleum San Venanzio. Dokumen-dokumen dari akhir abad ke-14 hingga 1412 mengingatkan kita pada pembayaran patung St Gabriel dan Perawan Kabar Sukacita. Rekonstruksi fasad ditugaskan dari Polidoro di Stefano dari Perugia, dan timpani ditambahkan pada tahun 1480. Portalnya cekung dengan lengkungan surut yang diapit oleh pilaster dan kolom. Ruang bawah tanah baru dan apse yang lebih besar dibangun kembali pada akhir abad ke-16, mempertahankan tata ruang Gotik. Beberapa desain dikaitkan dengan Domenico Fontana. Paduan suara ditambahkan pada tahun 1558. Kubah ini dibangun pada era Barok (1673-1677) oleh arsitek Bernardino Bianchini.

Rekonstruksi lebih lanjut berikutnya terjadi pada abad setelah gempa bumi tahun 1799. Banyak dari unsur-unsur yang runtuh masih dilestarikan oleh gereja. Interior salib Latin, dibangun kembali dengan gaya neoklasik, dibagi menjadi tiga bagian tengah dengan dua baris kolom. Kubah barel di bagian tengah tengah, dengan serangkaian bingkai plesteran, sementara lorong ditutupi dengan kotak langit-langit peti. Arsiteknya adalah Luigi Poletti yang juga berencana membangun menara lonceng kedua.

Altar di ruang bawah tanah terdiri dari sarkofagus yang didekorasi pada akhir abad ke-13 dan awal abad ke-14. Sarkofagus yang ditopang oleh empat griffin marmer hitam itu berjongkok di marmer hitam dan terletak di sudut. Di dalamnya ditempatkan tabut San Venanzio, yang dikaitkan dengan seniman Tuscan, dibangun dengan batu kapur di atas kolom solomonik. Patung perak santo itu dipesan oleh Uskup Francesco Vivani pada tahun 1764.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Comune of Camerino, entri di gereja.