Basilika Santo Valentinus, Kiedrich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Valentinus
Basilika Minor Santo Valentinus dan Santo Dionisius
Jerman: St. Valentinus und Dionysius
Basilika Santo Valentinus
LokasiKiedrich, Hesse
Negara Jerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.pastoraler-raum-eltville.de
Sejarah
Tanggal konsekrasi1490an
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaGotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Limburg

Basilika Santo Valentinus (Jerman: St. Valentinus und Dionysius) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Kiedrich di Rheingau, di Hesse , Jerman. Dibangun pada akhir abad ke-15 dengan gaya Gotik. Organnya adalah salah satu organ tertua yang dapat dimainkan di Jerman (dibangun sekitar tahun 1500). Gereja ini merupakan tujuan ziarah bagi penderita epilepsi dan oleh karena itu memiliki kios-kios awam dari kayu berukir yang terkenal, termasuk yang dihiasi dengan "Gerechtigkeitsspirale" (Spiral keadilan).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja paroki sebagian besar dibangun pada akhir abad ke-15 dengan gaya Gotik.[1][2] Gereja ini didedikasikan untuk Santo Valentinus, santo pelindung orang dengan epilepsi (Fallende Krankheit) dan kekasih, menyimpan relik yang datang pada tahun 1350 dari Biara Eberbach ke Kiedrich. Pendapatan dari ziarah memungkinkan pembangunan gereja.[1] Pintu masuk utama di bagian depan barat diatapi oleh tympanum yang menunjukkan Anunsiasi dan Penobatan Maria.[1]

Banyak penderita epilepsi yang berziarah ke gereja. Oleh karena itu, dilengkapi dengan kios-kios awam berukir unik untuk jemaah; jemaat di zaman Gotik biasanya menghadiri Misa sambil berdiri. bangku gereja dihiasi dengan ukiran ornamen, bunga, tanaman merambat, dan prasasti dalam alfabet Gotik. Salah satu bagian depannya menunjukkan "Gerechtigkeitsspirale" (Spiral keadilan) yang rumit, sebuah prasasti berbentuk spiral.[1][3] Kiedrich Madonna dalam paduan suara adalah patung kayu berlapis emas yang berasal dari tahun 1330. Dipengaruhi oleh gaya Prancis, patung ini menampilkan seorang wanita muda yang tersenyum kepada anaknya.[4]

Pemakaman di sekitar gereja dikelilingi oleh tembok dan termasuk kapel pemakaman, Michaelskapelle (Kapel St. Michael).[1]

Gereja ini merupakan basilika minor pada tanggal 29 Juni 2010.[5] Pekerjaan restorasi dimulai pada tahun 2012 dan dijadwalkan selesai pada tahun 2017. Paduan suara, altar, dan jendela kaca patri telah selesai dan organnya direstorasi pada tahun 2014.[4][6]

Paroki ini merupakan bagian dari Pastoraler Raum Eltville, bersama dengan St. Peter und Paul, Eltville, St. Markus, Erbach [de], dan St. Vincentius, Hattenheim [de]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e McLachlan, Gordon (2004). The Rough Guide to GermanyPerlu mendaftar (gratis). Rough Guides. hlm. 401. ISBN 1-84-353293-X. 
  2. ^ Kremer, Werner. "Katholische Pfarrkirche / Pfarr- und Wallfahrtskirche St. Valentinus und St. Dionysius". Förderkreis Kiedricher Geschichts- und Kulturzeugen. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 February 2014. Diakses tanggal 14 February 2015. 
  3. ^ Kremer, Werner (2010). 500 Jahre Laiengestühl 1510 – 2010 in der St. Valentinuskirche Kiedrich im Rheingau geschaffen von Erhart Falckener. Kiedrich. 
  4. ^ a b Söling, Birgitta (25 October 2014). "Wiedereinweihung nach Sanierung / Kiedricher Basilika in neuem Glanz". Hessischer Rundfunk (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 16 February 2015. 
  5. ^ "Kiedricher Pfarrkirche zur "Basilica Minor" erhoben" (dalam bahasa Jerman). Diocese of Limburg. Diakses tanggal 14 February 2015. 
  6. ^ "Die Madonna kommt der Gemeinde näher". FAZ (dalam bahasa German). 25 October 2014. hlm. 48. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "FR" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Rheingau Taunus" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]