Basilika Santo Stefanus, Bologna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Stefanus
Basilika Minor Santo Stefanus
bahasa Italia: Basilica di Santo Stefano
Basilika Santo Stefanus
LokasiBologna
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bologna

Basilika Santo Stefanus (bahasa Italia: Basilica di Santo Stefano) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di kota Bologna, Italia. Terletak di Piazza Santo Stefano, secara lokal dikenal sebagai Sette Chiese ("Tujuh Gereja") dan Santa Gerusalemme[1] ("Suci Yerusalem"). Ia memiliki status martabat basilika minor.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut tradisi Santo Petronius, seorang uskup kota tersebut pada abad ke-5, membangun basilika di atas kuil dewi Isis. Orang suci itu ingin memiliki sebuah bangunan yang mengingatkan pada Gereja Makam Kudus di Yerusalem.

Berbagai bagian kompleks ini meliputi:

  • Gereja Santo Steganus atau Salib Suci (abad ke-8, presbiteri dibentuk kembali pada abad ke-17), dengan Ruang Bawah Tanah
  • Gereja Makam Suci (menurut tradisi: abad ke-5)
  • Gereja Orang Suci Vitale dan Agricola (abad ke-4, dibangun kembali pertama kali pada abad ke-12)
  • Halaman Pilatus ("Santo Giardino", abad ke-13)
  • Gereja Trinitas atau Martirium (abad ke-13)
  • Kapel Perban ("Cappella della Benda") didedikasikan untuk potongan kain yang dikenakan di kepala oleh Perawan Maria sebagai tanda berkabung.

Halaman Pilatus mengenang lithostrotos, di mana Yesus dikutuk; itu mengarah ke Gereja Makam Suci. Di tengahnya, sebuah cekungan yang disebut "Catino di Pilato", sebuah karya Lombard dari tahun 737-744, terdapat tulisan berikut:

UMILIB(US) VOTA SUSCIPE D(OMI)NE D(OM)N(ORUM) N(OST)R(ORUM) LIUTPRAN(TE) ILPRAN(TE) REGIB(US) ET D(OMI)N(O) BARBATU EPISC (OPO) S(AN)C(TE) HECCL(ESIE) B(O)N(ONIEN)S(I)S. HIC I(N) H(ONOREM) R(ELIGIOSI) SUA PRAECEPTA OBTULERUNT, UNDE HUNC VAS IMPLEATUR IN CENAM D(OMI)NI SALVAT(ORI)S, ET SI QUA MUN(ER)A C(UISQUAM) MINUERIT, D(EU ) PERSYARATAN (UIRET)

Di bawah serambi di tengah jendela pada sebuah kolom, terdapat pahatan ayam jantan dari abad ke-14, yang disebut Ayam Santo Petrus, mengenang kisah alkitabiah tentang Santo Petrus penolakan.

Cloister, Basilica di Santo Stefano, Bologna, Italia, 1895.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bologna: Le nuove guide Oro , halaman 166, Touring Club Italiano, Touring Editore, 2004, ISBN 8836530079, ISBN 9788836530076.