Basilika Santo Petrus Rasul, Kordoba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Petrus Rasul
Basilika Minor Santo Petrus Rasul
Spanyol: Basílica de San Pedro Apóstol
Basilika Santo Petrus Rasul
LokasiKordoba
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Córdoba di Spanyol

Basilika Santo Petrus Rasul (Spanyol: Basílica de San Pedro Apóstol) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Córdoba, Andalusia, Spanyol. Gereja ini terletak di alun-alun barrio (perempat) yang menyandang namanya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini diyakini terletak di atas bangunan sebelumnya yang menampung sisa-sisa para martir Córdoban Januarius, Martial dan Faustus, yang berasal dari abad ke-4 Masehi. Setelah penaklukan kota oleh raja Ferdinand III dari Kastilia (1236), sebuah gereja yang didedikasikan untuk Santo Paulus dibangun di sini dalam program pembangunannya untuk memberikan daya tarik Kristen pada kota yang sebelumnya Muslim. Konstruksi dimulai pada akhir abad ke-13 dan selesai pada awal abad ke-14.

Penampilan bangunan saat ini sebagian besar berasal dari restorasi selanjutnya. Sebagian dari menara lonceng dan dua gerbang abad pertengahan masih bertahan, yang baru ditambahkan oleh arsitek Hernán Ruiz II pada tahun 1542. Pada tahun 2006, gereja tersebut ditingkatkan statusnya menjadi basilika minor oleh Paus Benediktus XVI. Gereja ini adalah monumen Bien de Interés Cultural.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 37°52′58″N 4°46′19″W / 37.8827°N 4.7719°W / 37.8827; -4.7719