Basilika Santo Gerard Majella, Curvelo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Gerard Majella
bahasa Portugis: Basílica de São Geraldo Magela
Basilika Santo Gerard Majella
LokasiCurvelo
Negara Brasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Santo Gerard Majella[1] (bahasa Portugis: Basílica de São Geraldo Magela)[2] atau Basilika Curvelo adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Curvelo,[3] di negara bagian Minas Gerais,[4] Brasil. Dibangun pada tahun 1906 oleh misionaris Redemptoris Belanda dan merupakan satu-satunya basilika di dunia yang didedikasikan untuk santo Redemptoris ini.

Dengan kanonisasi St. Gerard pada tahun 1904, Pastor Redemptorist Tiago Boomaars, Joseph Goosens dan Bruder Philip Winter berdedikasi untuk menyebarkan nama santo Katolik yang baru. Pada tanggal 18 September 1906, selama misi mereka, para Redemptoris tiba di Gereja Rosario di kota Curvelo, tempat mereka mendirikan diri dan di mana pembangunan Gereja St Gerard nantinya akan dimulai. Pada tanggal 22 Maret 1912, pembangunan gereja dimulai dan berlanjut hingga tahun 1919. Pada periode ini, Redemptoris menerima kontribusi yang signifikan dari masyarakat setempat yang membantu tenaga kerja dan sumbangan produk untuk dijual dan penggalangan dana.

Ia dihormati dengan status basilika berdasarkan keputusan Paus Paulus VI pada tanggal 30 April 1966.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika St. Gerard Majella
  2. ^ Geraldo+curvelo Santuarios, expresión de religiosidad popular: síntesis pastoral de nueve Encuentros de Responsables de Santuarios del Cono Sur y de América del Sur Periksa nilai |url= (bantuan). Consejo Episcopal Latinoamericano, Secretariado para la Pastoral de Santuarios. 1990-01-01. ISBN 9789586251709. 
  3. ^ Curvelo, meu Curvelo. Editora Comunicação. 1975 -01-01. 
  4. ^ buku?id=OvwrAAAAYAAJ&q=Bas%C3%ADlica+de+S%C3%A3o+Geraldo+curvelo 1o. Censo Cultural de Minas Gerais Periksa nilai |url= (bantuan).