Basilika Santa Ursula, Köln

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Ursula
Basilika Minor Santa Ursula
Jerman: Basilika Sankta Ursula
Basilika Santa Ursula
LokasiKöln
Negara Jerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Köln

Interior

Basilika Santa Ursula (Jerman: Basilika Sankta Ursula) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Köln, Rhine-Westphalia Utara, Jerman. Bangunan ini dibangun di atas reruntuhan kuno pemakaman Romawi, tempat 11.000 perawan yang terkait dengan legenda Santa Ursula konon dikuburkan.[1] Gereja ini memiliki relikui mengesankan yang dibuat dari tulang belulang bekas penghuni pemakaman. Ini adalah salah satu dari dua belas Gereja Romanesque di Köln[2] dan ditetapkan sebagai Basilika minor pada 25 Juni 1920. Meskipun bagian tengah dan menara utamanya bergaya Romawi, paduan suara telah dibangun kembali dengan gaya Gotik.

Ruangan Emas[sunting | sunting sumber]

Salah satu dinding tulang di Kamar Emas
Sebagian dari koleksi peninggalan tengkorak di Kamar Emas

Kamar Emas, atau Goldene Kammer, di gereja berisi dugaan sisa-sisa St. Ursula dan 11.000 perawannya yang dikatakan telah dibunuh oleh suku Hun, kemungkinan sekitar waktu Pertempuran Dataran Catalaunian.

Ada berbagai teori yang berkaitan dengan asal usul legenda 11.000 perawan - salah satunya adalah legenda asli mengatakan 11 perawan menemani St. Ursula, tetapi bacaan selanjutnya salah membaca singkatannya "M" untuk para martir sebagai angka latin "M" untuk 1000, yang lama kelamaan menghasilkan 11.000.

Dinding Kamar Emas ditutupi dengan tulang-tulang yang disusun dalam desain dan/atau huruf bersama dengan tengkorak peninggalan. Jumlah pasti orang yang jenazahnya berada di Kamar Emas masih belum jelas, namun jumlah tengkorak di relik tersebut lebih dari 11 dan kurang dari 11.000. Sisa-sisa ini ditemukan pada tahun 1106 di kuburan massal dan dianggap sebagai legenda St. Ursula dan 11.000 perawan. Oleh karena itu, gereja membangun Kamar Emas untuk menampung tulang-tulang tersebut. Tulang-tulangnya sendiri tersusun rapi dalam bentuk "zig-zag dan berputar-putar dan bahkan dalam bentuk kata-kata Latin."[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dunton, Larkin (1896). The World and Its People. Silver, Burdett. hlm. 185. 
  2. ^ Destinasi Suci:, Dua Belas Gereja Romawi Cologne (diakses 17-04-2011)
  3. ^ "Gereja dari St. Ursula". 

Literatur[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait St. Ursula (Köln) di Wikimedia Commons