Basilika Santa Theresa, Mahe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Theresa
Basilika Tempat Ziarah Nasional Santa Theresa di Mahé
bahasa Prancis: Sanctuaire de Sainte Thérèse, Mahé (Église de Mahé)
11°42′4″N 75°32′12″E / 11.70111°N 75.53667°E / 11.70111; 75.53667Koordinat: 11°42′4″N 75°32′12″E / 11.70111°N 75.53667°E / 11.70111; 75.53667
LokasiMahé
NegaraIndia
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.mahechurch.org
Sejarah
Didirikan1736
DedikasiTeresa of Ávila
Tanggal konsekrasi1736
Arsitektur
StatusBasilika minor, tempat ziarah nasional
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Calicut
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Joseph Kalathiparambil
UskupYang Mulia Mgr. Varghese Chakkalakal

Basilika Santa Theresa (Perancis: Sanctuaire de Sainte Thérèse) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Mahe, Puducherry, India.[1] Ini adalah salah satu kuil yang paling banyak dikunjungi di India.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut catatan yang ditemukan di Arsip Karmelit di Roma berjudul "De Missione Mahinensi in Malabaribus Commentarius" oleh Pastor Ignatius A.S Hippolytes O.C.D (tanggal 2 Juli 1757) Tempat Suci di Mahe didirikan pada tahun 1736. Menurut dokumen yang sama, Pastor Dominikan Italia dari St. Yohanes Salib datang ke Mahe dan mendirikan Misi Mahe pada tahun 1723 pada masa pemerintahan Raja Bayanor, Raja Kadathanad dekat Vatakara. Komunitas kecil umat Kristiani secara bertahap tumbuh di tempat ini dan pada bulan Desember 1736 tempat suci tersebut didedikasikan untuk reformator Pastor Dominic dari St. Yohanes dari Salib menurut ritual khidmat Gereja Katolik Roma. Sebelum menjadi tempat peribadatan yang didirikan pada tahun 1736, gereja ini dibangun dengan menggunakan jerami yang kemudian dimodifikasi beberapa kali.

Para Misionaris Karmelit membantu pembentukan gereja pada awal dan akhir serta pertumbuhan rohani masyarakat di tempat itu. Lebih dari 2000 orang dewasa, tidak termasuk anak-anak, dibaptis dan diterima ke dalam Gereja oleh mereka. Namun, pada tahun 1736 gereja ini diyakini mengalami beberapa kerusakan akibat perang antara Prancis dan Inggris. Pada bulan Maret 1779 gereja tersebut mengalami kerusakan yang lebih parah atau mungkin hancur. Namun menurut catatan pemerintah sekitar tahun 1788 Abbe Duchenin merenovasi gereja tersebut dan memberikannya bentuk seperti yang terlihat sekarang. Setelah itu menara gereja direnovasi pada tahun 1855 dan jam di menara persembahan Marinir Perancis diperbaiki pada tahun yang sama. Pada tahun 1956 gereja ini sekali lagi direnovasi dan juga dialiri listrik. Pada tahun-tahun berikutnya Avila Pilgrim Centre, Avila Bhavan (Sisters of Charity), Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar St Teresa, Balai Paroki dan Presbiteri Baru dibangun. Banyak modifikasi pada gereja telah dilakukan dan renovasi besar-besaran pada gereja dilakukan pada tahun 2010.

Mengenai asal muasal patung St Teresa ada dua keyakinan yang menonjol. Salah satunya adalah bahwa patung ajaib ini dibawa dengan kapal di sepanjang Pantai Barat dan kapal tersebut berhenti di Mahe saat ini dan tidak bergerak setelahnya, kemudian para kru memahami bahwa itu adalah kehendak St. Teresa dari Avila agar patung khusus ini dibuat. diabadikan di Mahe. Tradisi lain menyebutkan bahwa patung ajaib ini tertangkap dalam jaring nelayan di laut dekat Mahe.

Pesta Tempat Ziarah[sunting | sunting sumber]

Pesta Tempat Ziarah adalah salah satu acara penting di tempat itu dan dimulai pada minggu kedua (5) hingga minggu keempat (22) setiap bulan Oktober dengan tanggal 14 dan 15 sebagai hari utama perayaan tersebut. Ini dianggap sebagai festival Mahe di mana orang-orang dari seluruh Kerala dan dari distrik tetangga Karnataka dan Tamil Nadu ambil bagian tanpa memandang agama dan kasta.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah Kuil St. Theresa". Kuil St. Theresa, Mahe. Diakses tanggal 9 Oktober 2015. 
  2. ^ "St. Gereja Theresa, Mahe". Thalassery.Info. Diakses tanggal 27 Desember 2018.