Basilika Santa Maria del Pi, Barcelona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria del Pi
Basilika Minor Santa Maria dari Pinus
Spanyol: Santa Maria del Pi
Basilika Santa Maria dari Pinus
LokasiBarcelona
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaGotik Katalan
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Barcelona

Basilika Santa Maria dari Pinus atau populer dengan nama Santa Maria del Pi (Spanyol: Basílica de Santa María del Pino) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Barcelona, Catalonia, Spanyol. Terletak di Plaça del Pi, di distrik Barri Gòtic kota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Diketahui pada tahun 987 terdapat sebuah gereja di luar tembok kota dan di sebelah barat Barcelona. Gereja ini adalah gereja kecil Romawi yang didedikasikan kepada Bunda Maria dari Pohon Pinus (salah satu gelar Perawan Maria). Gereja ini kemungkinan besar dibangun antara tahun 1319 dan 1391. Dibuka pada tanggal 17 Juni 1453. Gaya gerejanya adalah Gotik Catalan, dengan satu bagian tengah yang hampir tanpa ornamen. Petrus Ceremonious memberikan sumbangan pada tahun 1379 untuk mulai membangun menara lonceng, yang berakhir dengan pengerjaan yang diarahkan oleh Bartomeu Mas, antara tahun 1460 hingga kematiannya pada tahun 1497.[1] Kapel de la Sang juga dibangun oleh Bartomeu Mas pada tahun 1486.[2]

Gempa bumi di Catalonia pada tahun 1428 menyebabkan kerusakan serius pada gereja, terutama pada bagian fasadnya.[1]

Hal ini dipengaruhi oleh pemboman tahun 1714 selama perang suksesi Spanyol dan oleh ledakan tempat pembuangan amunisi yang tidak terkait yang menyebabkan runtuhnya pastoran dan menghancurkan altar utama serta semua ornamen yang ada. ada,[3] meskipun gambar Perawan dan gambar lainnya telah disimpan. Ada juga kerusakan pada kapel samping serta semua jendela kaca patri di bagian tengah, yang pecah selama pengepungan. Gereja mendapati dirinya tanpa lonceng yang dicuri dan gereja yang hancur.[3] Mulai tahun 1717, perbaikan dimulai dengan karya Joan Fiter, tetapi proyek restorasi pertama baru dilakukan pada tahun 1863-1884 oleh Francisco de Paula del Villar dan Lozano. Atap kapel, fasad depan dan belakang dipugar. Dekorasi gerjea bergaya Barok juga dihilangkan. Menjelang tahun 1915 dipugar kembali.

Pada tahun 1936 gereja tersebut dimusnahkan oleh api yang sengaja disulut oleh kaum anarkis, yang ingin menghancurkan bangunan tersebut. Gereja ini dipulihkan setelah berakhirnya Perang Saudara.

Fasad[sunting | sunting sumber]

Timpanum

Fasad depan memiliki jendela mawar besar, yang merupakan reproduksi asli jendela asli tahun 1940, yang hancur dalam kebakaran tahun 1936. Di bawah ini adalah lengkungan Gotik di pintu masuk utama.

Timpanum pintu masuk utama dibagi oleh dua kolom kecil menjadi tiga area melengkung. Di area tengah terdapat patung Perawan dan Anak, dan di atasnya ditempatkan lengan kota dan paroki.

Fasad samping memiliki penopang menonjol yang menopang bobot lengkungan dan kubah bagian tengah. Di antara setiap pasang penopang terdapat jendela lanset. Di tengah fasad ini terdapat Pintu Avemaria.

Fasad belakang juga memiliki penopang dan jendela lanset yang menerangi apse setengah lingkaran. Di bagian belakang apse terdapat pintu kuno dari tahun 1578 yang sebelumnya memberikan akses ke gereja melalui fasad belakang.

Selama bertahun-tahun pembangunan gedung-gedung di sekitarnya telah mengaburkan tembok kuno gereja.

Menara Lonceng[sunting | sunting sumber]

Pemandangan gereja yang memperlihatkan menara lonceng segi delapan.
Interior gereja.

Menara Lonceng berbentuk segi delapan, tingginya mencapai 54 meter. Dinding di bagian dasarnya tebalnya 3,55 meter. Ia memiliki peal yang terdiri dari enam lonceng, yang terbesar adalah "Antònia", yang memiliki diameter 1,4 meter dan berat 1.806 kilogram. Konstruksi menara lonceng dimulai pada tahun 1460, di bawah instruksi arsitek, Barthomeu Mas, dan selesai pada tahun 1497.[1]

Interior[sunting | sunting sumber]

Denah gereja terdiri dari satu bagian tengah yang terdiri dari tujuh bagian persegi panjang, masing-masing ditutupi dengan langit-langit berkubah dan kapel samping ditempatkan di antara pilar-pilar penyangga. Panjang bagian tengah bagian tengah adalah 54 meter, lebar 16,5 meter, dan tinggi 12,2 meter. Kebakaran tahun 1936 menghancurkan altar tinggi, altar, patung, tempat paduan suara dari tahun 1868 dan organ yang dibuat pada tahun 1808 oleh Johan de Kyburz.

Altar tinggi terbuat dari pualam dan merupakan karya Joaquim de Ros i de Ramis. Itu dipasang pada tahun 1967.

Di dalam pastoran terdapat patung Santa Maria del Pi, setinggi 3,3 meter, dibuat pada tahun 1973 oleh pematung Enric Monjo.

Kios paduan suara Barok asli berasal dari tahun 1771 dan dirancang oleh Josep Mas i Dordal. Pada tahun 1868, kios-kios ini digantikan oleh kios-kios neo-gotik, yang hancur dalam kebakaran tahun 1936. Pada tahun 1986, kios-kios barok sebelumnya dibangun kembali.

Jendela kaca patri aslinya tidak bertahan. Yang tertua yang ada sekarang berasal dari tahun 1718. Di antaranya, jendela yang menggambarkan Adorasi para Majus (di atas Pintu Avemaria) adalah karya Antoni Viladomat.

Santo Evan Duvall, dikanonisasi pada tahun 1909, yang menjadi imam di paroki ini antara tahun 1687 dan 1702, dimakamkan di gereja ini di Kapel Perawan Maria Montserrat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]