Basilika Santa Maria Maggiore di Siponto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria Mayor
Basilika Minor Santa Maria Maggiore di Siponto
bahasa Italia: Basilica di Santa Maria Maggiore di Siponto
Basilika Santa Maria Maggiore di Siponto
LokasiSiponto
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Manfredonia-Vieste-San Giovanni Rotondo

Basilika Santa Maria Maggiore di Siponto adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak kira-kira tiga mil di selatan Manfredonia, Apulia, Italia selatan. Dulunya merupakan katedral kota Siponto, menerima status Basilika minor pada tahun 1977; itu didedikasikan untuk Perawan Suci Siponto (kota ini dipindahkan ke kota baru Manfredonia pada pertengahan abad ke-13).

Gereja ini selesai dibangun sekitar tahun 1117, ketika ditahbiskan (mungkin menggantikan bangunan Paleo-Kristen abad ke-6 yang sudah ada sebelumnya) dan relik Laurence of Siponto ditempatkan di bawah altar tinggi.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini memiliki denah persegi yang tidak biasa, terdiri dari dua gereja independen (satu, di bawah tanah, adalah ruang bawah tanah saat ini), dua apses di dinding selatan dan timur, dan portal monumental abad pertengahan dengan dua sisi singa, menghadap ke jalan memasuki Manfredonia.

Bagian dalamnya, dengan empat pilar, berasal dari abad ke-11, dan pernah menjadi tempat ikon Perawan Suci Siponto (Italia: Maria Santissima di Siponto), bertanggal abad ke-7. Ikon tersebut sekarang berada di Katedral Manfredonia, serta patung Bizantium "La Sipontina" dari kayu polikrom (abad ke-6). Gereja bawah tanah dibangun pada awal Abad Pertengahan, dan digantikan oleh gereja atas setelah dibangun. hancur karena gempa bumi.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]