Basilika Santa Ludmila, Praha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Ludmila
Basilika Minor Santa Ludmila
bahasa Ceska: Bazilika svaté Ludmily
Basilika Santa Ludmila
LokasiPraha
Negara Ceko
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanta Ludmila
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Praha

Basilika Santa Ludmila (bahasa Ceska: Bazilika svaté Ludmily) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Náměstí Míru (Alun-Alun Perdamaian) di Vinohrady, Praha, ibu kota Republik Ceko. Gereja ini dibangun berdasarkan rancangan Josef Mocker pada tahun 1888–1892. Dinamakan untuk menghormati Santa Ludmila dari Bohemia.

Basilika ini adalah basilika bata tiga lorong dengan bagian tengah melintang dalam bentuk salib. Bagian depan gereja memiliki dua menara setinggi 60,5m dengan lonceng dan atap pelana tinggi dengan portal di atas pintu masuk utama dengan patung.[1] Bagian dalam gereja unggul dalam jendela warna yang kaya, lukisan dan patung yang turut serta seniman nasional Josef Václav Myslbek, Josef Čapek dan František Ženíšek.[2]

Gereja ini ditutup karena pembangunan Metro dan kemudian untuk rekonstruksi pada tahun 1974–1992. Pada tahun 1980, rekonstruksi besar-besaran dimulai. Pada bulan Desember 1984, restorasi bagian tengah selatan telah selesai, di mana Misa untuk sementara dilanjutkan kembali dalam suasana improvisasi. Pada tanggal 16 September 1992, hari pemujaan St. Ludmila, seluruh gereja dibuka kembali dalam upacara khidmat pentahbisan altar baru, yang diselenggarakan oleh Kardinal Miloslav Vlk. Pada tanggal 3 September 1993, lonceng di menara gereja kembali berbunyi.[3]

Saat ini, pekan raya Natal dan Paskah, konser terbuka, dan penjualan amal sering diadakan di depan gereja. Sejak tahun 2013, pemetaan video telah diputar setiap tahun pada bulan Oktober di gereja selama festival Signal.

Pada bulan Agustus 2022, gereja ini diangkat oleh Paus Fransiskus menjadi status basilika minor.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gereja St. Ludmila di Vinohrady". Praha yang berpuncak seratus. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2020. Diakses tanggal 14 Februari 2013. 
  2. ^ "Wilayah Praha 2: ST. GEREJA LUDMILA". Praha2.cz. 12 April 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 April 2013. 
  3. ^ "Kostel sv. Ludmily". Prague.eu. Diakses tanggal 3 Maret 2019. 
  4. ^ "Praha má novou baziliku. Papež udělil čestný titul kostelu svaté svaté Ludmily na náměstí Míru". Česká televize.