Basilika Santa Capilla, Caracas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Capilla
Basilika Minor Santa Capilla
Spanyol: Basílica Menor Santa Capilla
Basilika Santa Capilla
LokasiCaracas
Negara Venezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Caracas

Basilika Kapel Kudus[1] (Spanyol: Basílica Menor Santa Capilla)[2] adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Caracas, ibu kotaVenezuela. Gereja ini berlokasi di sudut Santa Capilla di Avenida Urdaneta.[3] Terletak di pusat bersejarah kota, di Paroki Katedral Kotamadya Libertador. Pada tanggal 16 Februari 1979 dinyatakan sebagai National Historic Landmark.

Pembangunannya diperintahkan oleh Presiden Antonio Guzman Blanco pada tahun 1883, kepada arsitek Juan Hurtado Manrique, dengan mengacu pada Sainte Chapelle di Paris. Gereja baru Santa Capilla menggantikan pertapaan lama San Sebastián yang telah didirikan pada tahun 1568 dan kemudian didedikasikan untuk Saint Maurice pada tahun 1640, namun hanya setahun kemudian dihancurkan oleh gempa bumi pada tahun 1667 gereja tersebut dibangun kembali dengan elemen sederhana seperti kayu dan batu bata. Pada tahun 1812, gempa bumi lain hampir menghancurkan seluruh gereja dan memulai rekonstruksinya.

Pada tahun 1921 dilakukan perluasan yang mencakup dua lorong, dan tanggal 5 Agustus 1926 ditetapkan sebagai basilika minor oleh Paus Pius XI. Di dalam basilika mereka dimakamkan beberapa orang.

Interior

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basílica Santuario de Santa Capilla, Caracas
  2. ^ Amano, Nain Márquez (2015-05-18). Sendero de Caudillos. Bebookness. ISBN 9788494342882. 
  3. ^ Serrano, José Ezio; Tovar, Eduardo; Chavarri, Beatriz; Escobar, María Auxiliadora; Urosa, María Angélica; TEI, Ediciones Grupo. Descubre Distrito Capital. ISBN 9789807149716.