Basilika San Gavino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika San Gavino
Basilika Minor Santo Gabinus
bahasa Italia: Basilica di San Gavino
Basilika San Gavino
LokasiPorto Torres
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Sassari

Basilika Santo Gabinus yang dahulu disebut Katedral Porto Torres (bahasa Italia: Basilica di San Gavino) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik bergaya proto-Romawi yang terletak di Porto Torres, Sardinia, Italia. Bekas katedral, sekarang menjadi tempat penghormatan para martir lokal dan gereja paroki.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Turris Libisonis (bahasa Latin: Turris Libyssonis, sekarang: Porto Torres) adalah sebuah kursi keuskupan dari tahun 489 hingga 1441, ketika takhta dipindahkan ke dekat Sassari. Basilika ini terletak di bagian Monte Angellu di Porto Torres; area tempat penggalian arkeologi menemukan pekuburan Paleo-Kristen dan dua basilika kuno, yang berasal dari abad ke-5–7 M; salah satunya dibangun di atas makam Saint Gabinus yang jenazahnya dikebumikan di gereja saat ini.

Lambang Giudicato Torres, di bagian luar gereja.

Dokumen paling awal yang menyebutkan gereja ini berasal dari tahun 1065. Menurut dokumen tersebut, gereja ini didirikan pada awal abad ke-11 oleh Gonario I, giudice (duke ) dari Torres dan Arborea, yang menugaskan pekerjaan tersebut kepada Pisan master. Pembangunannya dilanjutkan di bawah putranya Barisone I, dan diresmikan oleh giudice Marianus I dari Arborea dan uskup agung Constantine dari Castra pada tahun 1080.

Sebuah prasasti di portal Romawi menjadi saksi pekerjaan restorasi pada abad ke-15, yang memperkenalkan elemen-elemen Catalan-Gotik.

Pada abad ke-18 ruang bawah tanah direnovasi untuk menampung sisa-sisa para martir Torres yang ditemukan pada tahun 1614.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Gereja ini terletak di antara dua halaman, yang dikenal sebagai atrio Comita dan atrio Metropoli. Di sisi selatan terdapat pintu masuk utama, portal abad ke-15 bergaya Gotik Catalan. Di atasnya terdapat lengkungan bundar yang ditopang oleh dua kolom, yang ibu kotanya memiliki malaikat dengan lambang.

Gereja ini memiliki dua apses, satu di setiap sisi pendek dari denah persegi panjang. Bagian luarnya dihiasi oleh tiang-tiang buta dan Lombard band. Langit-langitnya dilapisi pelat timah.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Bagian dalamnya memiliki bagian tengah dan dua lorong yang dipisahkan oleh dua rangkaian lengkungan bundar yang ditopang oleh dua puluh dua kolom, diambil dari bangunan kuno, dari marmer abu-abu dan granit merah muda, serta tiga pasang pilaster berbentuk salib. Sebagian besar ibu kotanya berasal dari asal Romawi. Bagian tengahnya sekitar tiga kali lebih lebar dari gang, dan ditutupi dengan truss kayu; lorong-lorongnya malah memiliki cross vaults.

Sarkofagus Romawi yang menampung dugaan sisa-sisa St. Gabinus dan St. Ianuarius.

Altar tinggi, yang hingga abad ke-19 berada di tengah-tengah bagian tengah, kini berada di apse barat daya; apse yang berlawanan memiliki catafalque kayu abad ke-17, yang menampung patung polikrom para martir Gabinus, Protus dan Ianuarius.

Lorong-lorong tersebut mengarah ke anti-ruang bawah tanah, bergaya Renaisans dengan patung para martir, dan ruang bawah tanah, yang menampung sarkofagus Romawi kuno; yang terakhir pada gilirannya tetap dikaitkan dengan para martir Turres.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Coroneo, Roberto (1993). Architettura Romanica dalla metà del Mille al primo '300. Nuoro: Ilisso. ISBN 88-85098-24-X. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°49′56″N 8°24′03″E / 40.83222°N 8.40083°E / 40.83222; 8.40083