Basilika Misi San Francisco de Asís, San Francisco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Misi San Francisco de Asís
Basilika Minor Misi San Francisco de Asís
Inggris: Mission San Francisco de Asís
Basilika Misi San Francisco de Asís
Lokasi320 Dolores Street
San Francisco, California 94114
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung San Francisco

Basilika Misi San Francisco de Asís (Inggris: Mission San Francisco de Asís, Spanyol: Misión San Francisco de Asís), juga dikenal sebagai Mission Dolores, adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Diyurisdiksi oleh Keuskupan Agung San Francisco, kompleks ini didirikan pada abad ke-18 oleh misionaris Katolik Spanyol. Misi tersebut berisi dua bangunan bersejarah:

  • Kapel adobe Mission Dolores, dibangun pada tahun 1776. Ini adalah bangunan tertua di San Francisco.
  • Basilika Misi Dolores, dibangun pada tahun 1918. Basilika ini ditetapkan sebagai basilika oleh Paus Pius XII pada tahun 1952.

Terletak di Distrik Misi, kompleks misi didirikan pada tanggal 9 Oktober 1776, oleh Romo Francisco Palóu dan Romo Pedro Benito Cambón. Ordo Fransiskan mengirimkan kedua imam tersebut ke Provinsi Alta California di Spanyol untuk mendatangkan pemukim Spanyol dan menginjil penduduk asli Orang Ohlone. Basilika Mission Dolores menggantikan gereja batu bata yang dibangun pada tahun 1876 yang hancur akibat gempa bumi San Francisco tahun 1906.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Krell, p. 315: as of December 31, 1832; information adapted from Engelhardt's Missions and Missionaries of California.