Basilika Madonna del Sasso, Orselina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Madonna del Sasso
Basilika Minor Madonna del Sasso
bahasa Italia: Basilica Madonna del Sasso
Basilika Madonna del Sasso
LokasiOrselina, Locarno
Negara Swiss
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Madonna del Sasso adalah sebuah gereja basilika minor Kepausan Maria Katolik dan tempat ziarah yang telretak di Orselina, di atas kota Locarno di Swiss. Basilika ini adalah pemandangan utama dan tujuan ziarah keagamaan di kota. Basilika ini adalah salah satu dari dua gereja dengan nama yang sama, yang lainnya berada di Salinas, California, Amerika Serikat.[1]

Pendirian tempat suci dimulai sejak biarawan Fransiskan, Bartolomeo de Ivrea yang konon melihat penampakan Maria pada tanggal 15 Agustus 1480.

Interior gereja sangat penuh hiasan dan dekorasi, dan sebuah platform memiliki pemandangan kota yang indah. Tempat suci ini terhubung ke pusat kota Locarno melalui kereta gantung Locarno–Madonna del Sasso.

Pada tanggal 14 Agustus 1880, Kapitel Vatikan di bawah Paus Leo XIII mengeluarkan dekrit Kepausan yang menobatkan patung yang dihormati tersebut melalui mantan Uskup Agung Milan, Monsinyur Paolo Angelo Ballerini, setelah perayaan tanggal 15– Agustus 16, menandai 400 tahun penampakan Maria.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Selamat datang di Madonna!". mdschurch.org. Diakses tanggal 13 Juli 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]