Basilika Hati Kudus Yesus dari Estrela, Lisboa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Hati Kudus Yesus dari Estrela
Basilika Minor Kerajaan dan Biara Hati Yesus yang Mahakudus dari Estrela
Portugis: Basílica da Estrela
Basilika Hati Kudus Yesus dari Estrela
Basilika Hati Kudus Yesus dari Estrela di Lisbon
Basilika Hati Kudus Yesus dari Estrela
Basilika Hati Kudus Yesus dari Estrela
38°42′47″N 9°09′38″W / 38.71316°N 9.16056°W / 38.71316; -9.16056Koordinat: 38°42′47″N 9°09′38″W / 38.71316°N 9.16056°W / 38.71316; -9.16056
LokasiPraça da Estrela,
1200-667 Lisboa
Negara Portugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
PendiriMaria I dari Portugal
DedikasiHati Kudus Yesus
Tanggal konsekrasi15 November 1789; 234 tahun lalu (1789-11-15)
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekMateus Vicente de Oliveira
Reinaldo Manuel dos Santos
GayaBarok, Neoklasik
Peletakan batu pertama24 Oktober 1779
Administrasi
ParokiLapa
Keuskupan AgungPatriarkat Lisboa
Klerus
Jumlah ImamRomo António da Franca Mello de Horta Machado Marim[1]

Basilika Estrela (Portugis: Basílica da Estrela [iʃˈtɾelɐ]) yang bernama resmi Basilika Minor Kerajaan dan Biara Hati Yesus yang Mahakudus dari Estrela (Portugis: Real Basílica e Convento do Santíssimo Coração de Jesus), adalah sebuah gereja basilika minor Katolik dan biara Karmelit kuno yang terletak di Lisboa, ibu kota Portugal.

Diperintahkan untuk dibangun oleh Ratu Maria I dari Portugal sebagai pemenuhan sumpah, Basilika ini bukan hanya merupakan hasil pengabdian setia Ratu kepada Hati Kudus Yesus , namun tetap menjadi karya arsitektur terpenting pada masa pemerintahannya. Basilika Estrela adalah gereja pertama di dunia yang didedikasikan untuk Hati Kudus Yesus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tak lama setelah pernikahannya dengan pamannya Infante Peter dari Braganza pada tahun 1760, Maria, Putri Brasil bersumpah, di hadapan gambar Suci Hati Yesus di Biara Carnide, untuk membangun sebuah gereja dan biara di bawah Rule of Saint Theresa jika dia diberi rahmat untuk melahirkan anak-anak yang akan menjamin suksesi Rumah Braganza.[2] Putri Maria, pada saat itu, adalah putri sulung dan pewaris Raja Joseph I, yang akhirnya ia gantikan setelah kematiannya pada tahun 1777. Ia melahirkan anak pertamanya, Joseph, Pangeran Beira, pada tanggal 20 Agustus 1761 ( yang meninggal karena cacar pada tahun 1788, ketika pembangunan Basilika sedang berlangsung).

Hanya setelah naik takhta, Ratu Maria mampu memenuhi sumpahnya. Konstruksi dimulai pada tahun 1779; upacara peletakan batu pertama berlangsung pada tanggal 24 Oktober: suami Ratu, Peter III, meletakkan batu pertama dan Fr. António Pereira de Figueiredo [pt] menyampaikan pidatonya.

Mateus Vicente de Oliveira, seorang arsitek istana penting, bertanggung jawab atas pekerjaan ini: di bawah arahannya pembangunan kawasan biara dilakukan (dari Februari 1778 hingga Mei 1781), serta awal Basilika. Oliveira meninggal pada tahun 1785, dan digantikan dengan Reinaldo Manuel dos Santos, yang mengurus penyelesaian pekerjaannya. Reinaldo Manuel membuat perubahan besar pada desain eksterior gereja (yaitu, desain pedimen, façade, menara lonceng, dan [[kubah] yang berbeda. ]] yang dia tambahkan lentera atap).[2]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gereja besar ini memiliki kubah raksasa, dan terletak di sebuah bukit di tempat yang dulunya merupakan bagian barat Lisbon dan dapat dilihat dari jauh. Gayanya mirip dengan Istana Nasional Mafra, pada akhir barok dan neoklasik. Bagian depannya memiliki menara lonceng kembar dan berisi patung orang suci dan beberapa tokoh alegoris.

Marmer abu-abu, merah muda dan kuning dalam jumlah besar digunakan di lantai dan dinding, dalam pola geometris yang rumit, salah satu yang terindah di gereja-gereja Eropa. Beberapa lukisan karya Pompeo Batoni juga berkontribusi pada desain yang seimbang. Makam Ratu Maria I ada di sebelah kanan transept. Pemandangan Natal terkenal yang dibuat oleh pematung Joaquim Machado de Castro, dengan lebih dari 500 figur dalam gabus dan terra cotta merupakan daya tarik utama bagi pengunjung.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Paróquia da Lapa". patriarcado-lisboa.pt. Patriarchate of Lisbon. Diakses tanggal 30 June 2019. 
  2. ^ a b Saldanha, Sandra Costa (2007). A Basílica da Estrela: Real Fábrica do Santíssimo Coração de Jesus. Livros Horizonte. ISBN 978-972-24-1421-0.