Basilika Hati Kudus Yesus, Conewago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Hati Kudus Yesus
Basilika Minor Hati Kudus Yesus
Inggris: Basilica of the Sacred Heart of Jesus
Basilika Hati Kudus Yesus
LokasiHanover, Conewago Township, Pennsylvania
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Harrisburg

Basilika Hati Kudus Yesus (Inggris: Basilica of the Sacred Heart of Jesus) juga dikenal sebagai Kapel Conewago, adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang didedikasikan untuk Hati Kudus Yesus berlokasi di Kotapraja Conewago (Adams County), Pennsylvania, Amerika Serikat. Gereja ini adalah bagian dari Keuskupan Harrisburg.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Basilika ini dibangun antara tahun 1785 dan 1787, dan dibangun dari batu coklat dengan dinding setebal tiga kaki. Tingginya 2 ½ lantai, lebar tiga teluk, dan kedalaman lima teluk. Ini menampilkan pintu masuk bergaya Federal dengan pintu melengkung setengah lingkaran dan puncak menara setinggi 80 kaki, ditambahkan pada tahun 1873. Di kapel terdapat ruang pastoran tiga lantai, juga dibangun pada tahun 1787. Ini adalah gereja Katolik Roma tertua yang dibangun dari batu di Amerika Serikat. Pangeran Gallitzin menghabiskan lima tahun pertama imamatnya di Kapel Conewago dari tahun 1795 hingga 1799.[1]

Bangunan ini ditetapkan sebagai basilika kecil pada tanggal 30 Juni 1962.[2] Tempat ini terdaftar di Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tahun 1975.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Basis data yang dapat dicari) https://www.dot7.state.pa.us/ce/SelectWelcome.asp.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan) Catatan: Ini termasuk "Formulir Nominasi Daftar Inventarisasi Tempat Bersejarah Nasional: Kapel Conewago" (PDF). 
  2. ^ "Basilika Hati Kudus Yesus". GCatholic.org.