Basilika Bunda dari Lourdes, Ghent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda dari Lourdes
Basilika Minor Bunda dari Lourdes
Jerman: Basilika Unserer Lieben Frau von Lourdes
Basilika Bunda dari Lourdes
LokasiGhent
NegaraBelgia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Bunda Maria dari Lourdes (Jerman: Basilika Unserer Lieben Frau von Lourdes) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Oostakker, dekat Ghent di Belgia. Dibangun dengan gaya neogotik pada akhir abad XIX, ini adalah pusat ziarah Maria terpenting di Flanders.

Pada tahun 1873 Marquise of Courtebourne-de Nédonchel membangun gua Lourdes di taman istananya di Slotendries. Orang-orang dari Ghent dan lokasi terdekat lainnya meminta agar diizinkan mengunjungi gua dan berdoa di sana, dan diklaim bahwa pada tahun 1875 Pieter De Rudder secara ajaib disembuhkan dari patah tulang yang parah.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah peziarah, sebuah gereja neo-Gotik berdasarkan rencana oleh E. Van Hoecke-Peeters (sedikit dimodifikasi oleh J. B. Bethune) selesai dibangun pada tahun 1876 dan ditahbiskan pada tahun 1877. Gereja ini dipercayakan kepada Jesuit, yang merupakan tempat mendiang putra Marquis.[1]

Di salah satu menara terdapat carillon yang terdiri dari 49 lonceng, dibuat oleh Michiels Foundries pada tahun 1950-an. Keyboard tersebut untuk sementara dilepas selama pekerjaan renovasi pada tahun 1970-an tetapi hingga saat ini belum diganti.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Herbermann, Charles, ed. (1913). "Gereja Oostacker". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 

Koordinat: 51°4′57″N 3°45′47″E / 51.08250°N 3.76306°E / 51.08250; 3.76306