Basilika Bunda Maria dari Jenewa, Jenewa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda Maria dari Jenewa
Basilika Minor Bunda Maria dari Jenewa
Prancis: Basilique Notre-Dame de Genève
Jerman: Basilika Unserer Lieben Frau von Genf
Basilika Bunda Maria dari Jenewa
Basilika Bunda Maria dari Jenewa di Swiss
Basilika Bunda Maria dari Jenewa
Basilika Bunda Maria dari Jenewa
Koordinat: 46°12′31″N 6°8′31″E / 46.20861°N 6.14194°E / 46.20861; 6.14194
LokasiJenewa
Negara Swiss
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webWebsite Basilika Notre-Dame Jenewa
Sejarah
Didirikan1852-1857
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Penetapan warisanSwiss Inventory of Cultural Property of National and Regional Significance
GayaGotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Lausanne, Jenewa dan Fribourg

Basilika Bunda Maria dari Jenewa atau Basilika Notre-Dame adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Jenewa, Swiss.[1][2] Basilika ini didedikasikan untuk Perawan Maria yang Terberkati.

Paus Pius IX menghadiahkan patung marmer Carrara berwarna putih dari Dikandung Tanpa Noda sebagai Bunda Maria dari Jenewa pada tahun 1859. Paus Pius XI memberikan gambar tersebut sebuah dekrit Penobatan kepausan pada tanggal 26 April 1936. Paus Pius XII kemudian mengeluarkan dekrit kepausan Nominis Catholici yang menaikkan status tempat suci tersebut menjadi basilika minor pada tanggal 4 Agustus 1954.

Gereja ini merupakan tempat persinggahan umum bagi peziarah yang pergi ke Santiago de Compostela.[3] Basilika ini menandai awal dari "via Gebennensis", yang membentang dari Le Puy-en -Velay di melalui Podiensis. Mottonya adalah Nuntia pacis (Bahasa Inggris: Utusan Perdamaian).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Interior basilika Notre-Dame di Jenewa

Gereja ini dibangun sesuai dengan desain Alexandre Grigny dari Arras antara tahun 1852 dan 1857[3] di lokasi bekas benteng pertahanan. Bangunan neo-Gotik ini, yang tampilannya sebagian terinspirasi oleh Notre-Dame de Bonsecours dan Saint-Nicolas dari Nantes,[4] membuat terobosan berkat kota Jenewa, yang telah menyerahkan tanah kepada komunitas agama untuk membangun tempat ibadah, dan melalui sumbangan dan tenaga kerja manual yang diberikan oleh umat Katolik Jenewa. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 8 September 1852. Paus Pius IX menyumbangkan 1.000 kronor untuk pembangunan[5]

Peresmiannya dirayakan pada tanggal 4 Oktober 1857. Romo Gaspard Mermillod, calon vikaris episkopal Jenewa menyampaikan khotbah. Dia kemudian diusir dari Swiss oleh pemerintah.[6]

Setelah berkuasanya pemerintahan anti-klerus, Notre Dame diduduki pada tanggal 5 Juni 1875, dan ditutup. Pendudukan ini disertai dengan protes terhadap Gereja Katolik Roma dan lebih banyak kerusuhan. Komitmen umat Katolik terhadap tempat suci ini semakin besar. Bangunan ini dibeli oleh Gereja Katolik pada tahun 1911.[3]

Pukul 19.00. Misa pada hari Minggu dalam bahasa Inggris.

Persetujuan Kepausan[sunting | sunting sumber]

  • Paus Pius IX — menghadiahkan patung Marmer Carrara putih dari Dikandung Tanpa Noda dari kapel pribadinya di dalam Istana Apostolik. Paus mengganti nama gambar tersebut menjadi "Bunda Maria dari Jenewa" dan menghadiahkannya kepada Uskup Lausanne dan Jenewa, Kardinal Gaspard Mermillod pada tanggal 20 November 1859 dalam sebuah audiensi Kepausan secara pribadi. Gambar tersebut dipahat oleh seniman Romawi Carlo Maria Forzani dan dipasang di gereja pada tanggal 28 Desember 1859 kemudian secara resmi ditahbiskan ke basilika pada tanggal 5 Februari 1860.[5]
  • Paus Pius XI — memberikan gambar tersebut sebuah dekrit penobatan Kepausan pada tanggal 26 April 1936 kepada Uskup Lausanne dan Jenewa, Mgr. Marius Besson. Ritus penobatan dilaksanakan melalui nunsius kepausan Filippo Bernardini pada tanggal 23 Mei 1937.
  • Paus Pius XII — mengeluarkan dekrit Nominis Catholici yang menaikkan status tempat suci tersebut menjadi basilika minor pada tanggal 4 Agustus 1954.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Fasad basilika Notre-Dame

Karya seni tertua di basilika ini berasal dari masa sebelum Reformasi:

  • sebuah obor, dihiasi dengan lukisan, milik sebuah biara yang dihapus selama Reformasi Protestan;
  • panel kayu berukir dengan bas-relief gambar Perawan Maria, dimutilasi dengan kapak oleh umat Protestan.

Karya atau benda seni lainnya adalah benda atau melalui pemujaan patung Bunda Maria Jenewa, tabernakel dan perabot liturgi berukir (altar, ambo, kerang).

Jendela kaca patri dari basilika sangat luar biasa. Beberapa merupakan produksi semi-industri neo-gotik, namun sebagian besar menunjukkan evolusi seni kaca patri selama abad ke-20, dalam berbagai gaya, setelah karya Claudius Lavergne (dipasang dari tahun 1857 hingga 1875) . Sejak tahun 1912, beberapa seniman berturut-turut berkontribusi menghiasi basilika: Charles Brunner, Alexandre Cingria, Maurice Denis, Gherri Moro, Paul Monnier, Jean-Claude Morend, Théodore Strawinsky. Bangunan ini diklasifikasikan sebagai Harta Budaya Penting Nasional.

Jendela kaca patri[sunting | sunting sumber]

Jendela kaca patri pertama, oleh Claudius Lavergne, dipasang dari tahun 1857 hingga 1875,[5] dengan gaya yang disebut gaya Sulpician. Ini adalah 13 jendela kaca patri di kapel apse dan ruang rawat jalan serta 3 jendela mawar.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "La Basilique Notre-Dame de Genève". Société d 'histoire de l'art en Suisse. Diakses tanggal 8 Mei 2015. 
  2. ^ archive.org/web/20160303044147/http://www3.orgues-et-vitraux.ch/default.asp/2-0-1922-11-6-1/ "Genève (église Notre-Dame" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Orgues & vitraux. Diarsipkan dari asp/2-0-1922-11-6-1/ versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 3 Maret 2016. Diakses tanggal 9 Mei 2015. 
  3. ^ a b c -rute ziarah "Basilika Notre-Dame - Di Rute Ziarah", Jenewa, Fondation Genève Tourisme & Congrès
  4. ^ "Basilica of Our Lady of Geneva ", Religiana
  5. ^ a b c Roch- Delmas, Anne. "Sejarah", Basilique de Notre Dame de Geneve
  6. ^ Schlager, Patricius. "Gaspard Mermillod." Ensiklopedia Katolik Vol. 10. New York: Robert Appleton Company, 1911 Templat:PD-pemberitahuan