Basilika Bunda Belas Kasih, Quito

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda Belas Kasih
Basilika Minor Bunda Belas Kasih
Spanyol: Basilica of Nuestra Señora de la Merced
Basilika Bunda Belas Kasih
LokasiQuito
Negara Ekuador
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Quito

Basilika Bunda Belas Kasih (Spanyol: Basilica Nuestra Señora de la Merced), adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Pusat Sejarah kota Quito, ibu kota Ekuador. Ini adalah gereja pertama dan pusat Ordo Mercedarian di negara tersebut, dan karena alasan ini menyandang gelar Basilika.

Bangunan berwarna putih memiliki lima kubah, menara berbentuk persegi dan dihiasi prasasti Inca dan Arab. Konstruksi dimulai pada tahun 1701, menara ini selesai pada tahun 1736, dan basilika ditahbiskan pada tahun 1737.[1] Arsiteknya adalah José Jaime Ortiz.[1] Altar utama diukir dan dibangun oleh Bernardo de Legarda antara tahun 1748 dan 1751.[1] Sakristi di belakang mimbar gereja adalah karya dari awal abad ke-19.[1] Di dalam sakristi dan juga di dalam Gereja, terdapat beberapa karya seniman Víctor Mideros.

Basilika ini melestarikan salah satu perpustakaan sejarah terpenting di kota, baik karena isinya maupun karena kondisi konservasinya. Perpustakaan La Merced terletak di dua lantai di sayap utara Biara dan memiliki akses melalui lantai bawah, serta lantai atas. Rak buku melapisi dinding kedua lantai dan di dalamnya dihubungkan oleh tangga spiral kayu berukir yang indah. Menurut inventarisasi dan katalogisasi yang dilakukan selama Proyek Konservasi Perpustakaan dari tahun 1994 hingga 1997, 22.000 volume dan lebih dari 40.000 catatan bibliografi telah dihitung.

Proyek Konservasi Perpustakaan Merced dibiayai oleh Getty Conservation Institute dan dikelola oleh Caspicara Foundation of Quito. Direktur Proyek ini adalah Pemulih Dokumen dan Kertas terkenal Marcos Rivadeneira Silva di kawasan konservasi dan Ángel Oleas di bidang Katalogisasi.

Orang-orang yang beristirahat di Biara[sunting | sunting sumber]

Di brankasnya terdapat, di antara karakter-karakter terkenal lainnya, berikut ini:

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Arte de la Real Audiencia de Quito, siglos XVII-XIX: patronos, corporaciones y comunidades. hlm. 100. ISBN 8489569835. 
  2. ^ Inmaculada Martín M. Isabel de Santiago: una pintora quitña del Siglo 17. De Arte, revista de historia del arte. 
  3. ^ a b Federico González Suárez. "Historia general de la República del Ecuador, tomo V". Perpustakaan Virtual Miguel de Cervantes. hlm. 202. 
  4. ^ Eduardo Pardo de Guevara y Valdés. Actas de la XI reunión americana de Genealogía. ISBN 84-00-08336-9. 
  5. ^ Pita Pico. La Marquesa de Solanda y el umum Antonio José de Sucre. Credencial Historia – via Luis Ángel Arango Perpustakaan Virtual.