Basil Jellicoe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Basil Lee Jellicoe (5 Februari 1899 – 24 Agustus 1935) adalah seorang pendeta di Gereja Inggris yang terkenal karena karyanya sebagai reformis perumahan .

Jellicoe lahir di Chailey, Sussex dan dididik di Haileybury dan Imperial Service College. Lulusan Magdalen College, Oxford, ia kemudian belajar di St. Stephen's House, Oxford [1] dan ditahbiskan sebagai pendeta Anglikan [2] dan menjadi Misionaris di Magdalen College Mission yang dijalankan oleh College di paroki Gereja St Mary di Kota Somers, London . , [3] kemudian merupakan area dengan kepadatan dan kemiskinan yang luar biasa antara stasiun kereta api jalur utama Euston dan St Pancras. Dia adalah pendiri St Pancras Housing Association (awalnya St Pancras House Improvement Society) dan beberapa asosiasi perumahan lainnya di London Timur, St Marylebone, Kensington, Sussex dan Cornwall. Dia berkeliling negara dengan mobil kecilnya untuk menggalang dana dan menjual saham pinjaman untuk mendanai proyek-proyek ini. Ayahnya, Thomas Harry Lee Jellicoe, rektor St Peter's Chailey, adalah sepupu John Jellicoe, Earl Jellicoe ke-1 .

Jellicoe meninggal di Uxbridge pada 24 Agustus 1935. Sebuah plakat diresmikan untuk menghormatinya di Camden pada tahun 2014. Ia diperingati di Keuskupan London dengan hari peringatan pada tanggal 24 Agustus.[4] Khotbah Jellicoe tahunan di Magdalen College dinamai untuk menghormatinya.

Video Jellicoe berinteraksi dengan warga London di sebuah pub pada tahun 1930 tersedia online melalui arsip digital Perpustakaan Universitas South Carolina.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catholic, not churchy". 
  2. ^ Kenneth Ingram, Basil Jellicoe, Centenary Press, London: 1936.
  3. ^ Roland Jeffery, Housing Happenings in Somers Town in Housing the Twentieth Century Nation, Twentieth Century Architecture No 9, 2008, ISBN 978-0-9556687-0-8
  4. ^ A Kalendar of Holy Days Approved for Use in the Diocese of London, Third edition, London: Diocese of London, 2014, p. 26.
  5. ^ "Fox Movietone News Story 5-559". digital.tcl.sc.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-27. 

Sumber[sunting | sunting sumber]