Basílica de Santa María la Real de Covadonga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basílica de Santa María la Real de Covadonga/Cuadonga
Basilika Santa Maria dari Kebangsawanan Covadonga
Basilika Santa Maria dari Kebangsawanan Covadonga
LokasiCovadonga/Cuadonga, Cangas de Onís/Cangues d'Onís, Asturias
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiBunda dari Covadonga
Tanggal konsekrasi11 September 1901
KultusCatholic
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekRoberto Frassinelli
GayaNeo-Romanesque
Peletakan batu pertama1877
Selesai1901
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Oviedo

Basilika Santa Maria dari Kebangsawanan Covadonga (Spanyol: Basílica de Santa María la Real de Covadonga adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang berlokasi di Covadonga/Cuadonga, Cangas de Onís/Cangues d'Onís, Asturias, Spanyol. Gereja ini ditetapkan sebagai basilika minor pada tanggal 11 September 1901.

Gereja ini dirancang oleh arsitek Jerman Roberto Frassinelli dan dibangun antara tahun 1877 dan 1901 oleh arsitek Federico Aparici y Soriano. Gereja ini adalah gereja Neo-Romawi yang seluruhnya terbuat dari batu kapur merah muda].[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1777 kebakaran menghancurkan kuil tua, yang berdiri berdekatan dengan Gua Suci di mana Bunda dari Covadonga dihormati. Kemudian diputuskan untuk mendirikan gereja baru sebagai tempat perlindungan yang monumental, mengumpulkan sumbangan dari seluruh Spanyol; rencana tersebut ditentang oleh dewan lokal, karena kanon ingin membangun kembali kuil Gua Suci dan membangun tempat perlindungan ambisius yang pernah dirancang oleh Ventura Rodríguez, tetapi tidak pernah selesai.

Satu abad kemudian, proyek tersebut dilanjutkan kembali oleh Alfonso XII, Raja Spanyol yang tertarik untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Desain klasik Ventura Rodríguez sangat sulit dan mahal dan digantikan oleh desain neo-Abad Pertengahan yang baru.

Proyek baru ini dirancang oleh Roberto Frassinelli, yang dikenal sebagai Orang Jerman dari Corao, yang lebih merupakan seorang seniman daripada arsitek, dan digantikan oleh Federico Aparici y Soriano, yang belajar di Akademi Seni Rupa Kerajaan San Fernando. Walaupun ada keputusan ini, Frassinelli dapat mengarahkan kerjanya.

Esplanade[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°18′31″N 5°03′13″W / 43.30861°N 5.05361°W / 43.30861; -5.05361