Barra brava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Barra brava adalah nama untuk kelompok pendukung terorganisir dari tim sepak bola di Amerika Latin. Gaya mendukung mereka sangat mirip dengan ultras Eropa. Aksi mereka termasuk berdiri sepanjang pertandingan, bernyanyi dan perilaku antusias lainnya. Beberapa barra bravas telah mengembangkan reputasi mereka sebagai hooligan versi Amerika Latin dan terkait dengan beberapa kelompok hooligan di Eropa. Fenomena ini berasal dari Argentina, Cili dan Uruguay pada 1950-an dan 60-an, tetapi telah menyebar ke seluruh Amerika pada tahun 1990. Di Brazil, kelompok yang sama bernama torcida di Meksiko, istilahnya bisa jadi barras dan porras.

Kelompok-kelompok barras bravas terkenal di seluruh dunia[sunting | sunting sumber]

Argentina[sunting | sunting sumber]

Di negera ini, terdapat kelompok pendukung terbesar, terkuat dan paling terorganisir di seluruh dunia.

Meskipun di Argentina semua barras bravas dianggap berbahaya, badan keamanan (polisi, tentara, dsb) percaya bahwa kelompok barras bravas dengan jumlah anggota terbanyak dan paling keras adalah para suporter Independiente, diikuti para barras pendukung Chacarita Juniors, Boca Juniors dan River Plate.

Brasil[sunting | sunting sumber]

Di Brazil, para barras hanya memainkan peran utama di bagian selatan negara itu. Di tempat lain, torcida organizadas (pendukung terorganisir) memiliki dominasi kuat. Meskipun tidak mendukung tanpa syarat, mereka cenderung 'lebih adil' dengan diri mereka sendiri, mendukung tim hanya bila layak. Kelompok barra terbesar di Brazil berasal dari negara bagian Rio Grande do Sul: Geral do Gremio.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]