Barik-barik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Barik-barik putih di batu gelap di Imperia, Italia

Dalam geologi, barik-barik adalah badan mineral terkristalisasi yang menyerupai lembaran atau urat di dalam batuan . Baik-barik terbentuk ketika konstituen mineral yang dibawa oleh larutan berair di dalam massa batuan diendapkan melalui presipitasi . Aliran hidrolik yang terlibat biasanya disebabkan oleh sirkulasi hidrotermal .[1]

Barik-barik secara klasik dianggap sebagai retakan planar pada batuan, dengan pertumbuhan kristal terjadi normal pada dinding rongga, dan kristal menonjol ke ruang terbuka. Ini tentu saja merupakan metode pembentukan beberapa pembuluh darah. Namun, dalam geologi jarang terjadi ruang terbuka yang signifikan tetap terbuka di batuan bervolume besar, terutama beberapa kilometer di bawah permukaan. Dengan demikian, ada dua mekanisme utama yang dianggap mungkin untuk pembentukan barik-barik: pengisian ruang terbuka dan pertumbuhan retakan-segel .

Pengisian ruang terbuka[sunting | sunting sumber]

Pengisian ruang terbuka adalah ciri khas sistem barik-barikepitermal, seperti stockwork, di greisen, atau di lingkungan skarn tertentu. Agar pengisian ruang terbuka dapat diterapkan, tekanan pembatas umumnya dianggap di bawah 0,5 GPa, atau kurang dari 3–5 km (2–3 mi) .Barik-barik yang terbentuk dengan cara ini mungkin menunjukkan koloform, kebiasaan seperti batu akik, dari tepian mineral berurutan yang memancar keluar dari titik nukleasi pada dinding barik-barik dan tampak mengisi ruang terbuka yang tersedia. Seringkali terdapat bukti cairan mendidih. Vug, rongga, dan geode merupakan contoh fenomena pengisian ruang terbuka dalam sistem hidrotermal .

Alternatifnya, rekahan hidrolik dapat menghasilkan breksi yang berisi material barik-barik. Sistem barik-barik breksi tersebut mungkin cukup luas, dan dapat berbentuk lembaran tabular, diatreme, atau mantos yang luas secara lateral yang dikendalikan oleh batas-batas seperti sesar dorong, lapisan sedimen kompeten, atau batuan penutup .

Barik-barik retak-segel[sunting | sunting sumber]

Pada skala makroskopis, pembentukan barik-barik dikendalikan oleh mekanisme rekahan, sehingga memberikan ruang bagi mineral untuk mengendap. [2] Mode kegagalan diklasifikasikan sebagai (1) patahan geser, (2) patahan ekstensional, dan (3) patahan hibrid, [3] dan dapat dijelaskan dengan kriteria patahan Mohr-Griffith-Coulomb.[4] Kriteria rekahan mendefinisikan tegangan yang diperlukan untuk rekahan dan orientasi rekahan, karena pada diagram Mohr dimungkinkan untuk membuat selubung rekahan geser yang memisahkan kondisi tegangan stabil dan tidak stabil. Selubung patahan geser didekati dengan sepasang garis yang simetris pada sumbu σ n . Segera setelah lingkaran Mohr menyentuh garis selubung rekahan yang mewakili keadaan tegangan kritis, maka akan terjadi rekahan. Titik lingkaran yang pertama kali menyentuh selubung mewakili bidang di mana retakan terbentuk. Patahan yang baru terbentuk menyebabkan perubahan medan tegangan dan kekuatan tarik batuan yang retak serta menyebabkan turunnya besaran tegangan. Jika tegangan meningkat lagi, kemungkinan besar akan terjadi rekahan baru di sepanjang bidang rekahan yang sama. Proses ini dikenal sebagai mekanisme retak-segel.[5]

Barik-barik retak-segel diperkirakan terbentuk cukup cepat selama deformasi akibat pengendapan mineral di dalam retakan yang baru jadi. Hal ini terjadi dengan cepat menurut standar geologi, karena tekanan dan deformasi menyebabkan ruang terbuka yang luas tidak dapat dipertahankan; umumnya ruangnya berada pada orde milimeter atau mikrometer . Barik-barik bertambah tebal karena pembukaan kembali fraktur barik-barik dan pengendapan mineral secara progresif pada permukaan pertumbuhan serta dapat terurai.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schroeter, Tom. "Vein Deposits". earthsci.org. Diakses tanggal 1 November 2013. 
  2. ^ Bons, Paul D.; Elburg, Marlina A.; Gomez-Rivas, Enrique (2012-10-01). "A review of the formation of tectonic veins and their microstructures". Journal of Structural Geology (dalam bahasa Inggris). 43: 33–62. Bibcode:2012JSG....43...33B. doi:10.1016/j.jsg.2012.07.005. ISSN 0191-8141. 
  3. ^ Scholz, Christopher H. (2019). The Mechanics of Earthquakes and Faulting (edisi ke-3). Cambridge: Cambridge University Press. ISBN 978-1-107-16348-5. 
  4. ^ Phillips, William John (1972-08-01). "Hydraulic fracturing and mineralization". Journal of the Geological Society (dalam bahasa Inggris). 128 (4): 337–359. Bibcode:1972JGSoc.128..337P. doi:10.1144/gsjgs.128.4.0337. ISSN 0016-7649. 
  5. ^ Ramsay, John G. (March 1980). "The crack–seal mechanism of rock deformation". Nature (dalam bahasa Inggris). 284 (5752): 135–139. Bibcode:1980Natur.284..135R. doi:10.1038/284135a0. ISSN 1476-4687. 
  6. ^ Renard, Francois; Andréani, Muriel; Boullier, Anne-Marie; Labaume, Pierre. "Crack-seal patterns: records of uncorrelated stress release variations in crustal rocks" (PDF). hal.archives-ouvertes.fr/. Université Joseph Fourier.