Bargeboard (perangkat aero)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bargeboard adalah bagian bodi pada mobil balap roda terbuka, berfungsi secara murni sebagai elemen aerodinamis (bukan struktural). Mereka adalah bidang vertikal yang melengkung secara longitudinal, terletak di antara roda depan dan sidepod, menjauh dari sasis di bagian depan dengan menggunakan strut atau penghubung lainnya, dan menghubungkan ke sidepod atau perpanjangan lantai di bagian belakang. Secara umum, mereka jauh lebih tinggi di bagian depan daripada di bagian belakang, membuatnya berbentuk trapezoid dalam profil, dan melengkung keluar dalam pandangan dari atas, mendekati garis tengah mobil di bagian depan, dan melengkung keluar menuju bagian belakang. Bargeboards diperkenalkan oleh McLaren pada Grand Prix Afrika Selatan 1993, sebelum diadopsi oleh Benetton dan tim-tim lainnya.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Secara aerodinamis, bargeboard berfungsi utamanya sebagai pengatur aliran udara, meratakan dan mengalihkan udara turbulent atau "kotor" di belakang sayap depan, sambungan suspensi depan, dan roda depan yang berputar.

Bagian dari fungsi mereka adalah untuk mengarahkan aliran turbulent dari sayap depan dan roda depan yang berputar menjauh dari permukaan aerodinamis di sepanjang aliran udara hilir. Dalam kapasitas ini, mereka memisahkan komponen yang berbeda dari campuran aliran ini, dan mengarahkannya baik ke luar dan mengelilingi sidepod, atau mengarahkan aliran menuju masuk radiator. Oleh karena itu, konfigurasi bargeboards dapat memiliki signifikansi dalam hal pendinginan. Mereka juga membantu mengarahkan aliran di belakang roda depan, mengurangi drag gelombang yang dihasilkan oleh profil roda.

Generator vortex[sunting | sunting sumber]

Fungsi penting lain dari bargeboards adalah bertindak sebagai generator pusaran (vortex generator), mengalihkan dan mengenergikan aliran udara. Tepian bagian atas yang miring ke bawah dapat melepaskan pusaran besar hilir mengelilingi sidepod, di mana bisa berinteraksi dengan flip-up, atau membantu menyegel aliran bawah tekanan rendah dari aliran sekitar. Tepian bagian bawah dari bargeboard juga dapat melepaskan pusaran yang mengenergikan aliran udara ke bawah, yang dapat membantu menghindari pemisahan aliran dan memungkinkan penggunaan profil difuser yang lebih agresif. Dalam beberapa tahun terakhir, kedua tepian ini telah dilengkapi dengan seragam atau tab yang menonjol untuk meningkatkan aspek kinerjanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]