Bares mulut-besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bares mulut-besar
Sander vitreus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN202605
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliPercidae
GenusSander
SpesiesSander vitreus
Mitchill, 1818
Tata nama
Sinonim takson
  • Perca vitrea Mitchill, 1818
  • Stizostedion vitreum (Mitchill, 1818)
  • Lucioperca americana Cuvier, 1828
  • Lucioperca grisea DeKay, 1842
  • Stizostedion glaucum Hubbs, 1926[1]
Subspecies

Bares mulut-besar ( Sander vitreus, sinonim Stizostedion vitreum ), juga disebut ikan tombak kuning atau walleye atau pikerel kuning, [3] adalah ikan persiform air tawar yang berasal dari sebagian besar Kanada dan Amerika Serikat Bagian Utara .

Bares mulut-besar menunjukkan cukup banyak variasi di seluruh daerah aliran sungai. Secara umum, ikan-ikan di dalam suatu daerah aliran sungai sangat mirip dan secara genetis berbeda dengan ikan-ikan di daerah aliran sungai di dekatnya. Spesies ini telah diperbanyak secara buatan selama lebih dari satu abad dan ditanam di atas populasi yang ada atau dimasukkan ke perairan yang secara alami tidak memiliki spesies tersebut, sehingga terkadang mengurangi kekhasan genetik suatu populasi secara keseluruhan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Bares mulut-besar sebagian besar berwarna zaitun dan emas (karena itu nama umum Perancis: doré —emas). Sisi punggung bares mulut-besar berwarna zaitun, dengan rona emas di bagian sisinya. Pola zaitun/emas dipecah menjadi lima sadel berwarna lebih gelap yang memanjang ke sisi atas. Warnanya bernuansa putih pada bagian perut. Mulut bares mulut-besar lebar dan dipersenjatai dengan banyak gigi tajam. Sirip punggung dan sirip dubur pertama berbentuk duri, begitu pula operkulum . Bares mulut-besar dibedakan dari kerabat dekatnya, bares mulut-kecil, dengan warna putih di lobus bawah sirip ekor, yang tidak ada pada bares mulut-kecil. Selain itu, kedua sirip punggung dan sirip ekor bares mulut-kecil ditandai dengan deretan titik-titik hitam yang tidak ada atau tidak jelas pada sirip bares mulut-besar yang sama.[4]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Di sebagian besar wilayah jelajah spesies, bares mulut-besar jantan menjadi dewasa secara seksual antara usia tiga dan empat tahun. Betina biasanya menjadi dewasa sekitar satu tahun kemudian. Burung dewasa bermigrasi ke aliran sungai pada akhir musim dingin atau awal musim semi untuk bertelur di atas kerikil dan batu, meskipun strain pemijahan karang atau kawanan di perairan terbuka juga terlihat. Beberapa populasi diketahui bertelur di pasir atau tumbuh-tumbuhan. Pemijahan terjadi pada suhu air 6 hingga 10 °C (43 hingga 50 °F) . Seekor betina besar dapat bertelur hingga 500.000 telur, dan tidak ada perawatan yang diberikan oleh induknya terhadap telur atau benihnya. Telurnya sedikit lengket dan jatuh ke celah di antara bebatuan. Masa inkubasi embrio bergantung pada suhu, tetapi umumnya berlangsung antara 12 hingga 30 hari. Setelah menetas, embrio yang berenang bebas menghabiskan waktu sekitar satu minggu untuk menyerap kuning telur dalam jumlah yang relatif sedikit. Setelah kuning telur terserap seluruhnya, bares mulut-besar muda mulai memakan invertebrata, seperti larva lalat dan zooplankton . Setelah 40 hingga 60 hari, walleye remaja menjadi piscivora . Sejak saat itu, bares mulut-besar remaja dan dewasa hampir secara eksklusif memakan ikan. Bares mulut-besar j

e juga banyak memakan udang karang, ikan kecil, dan lintah.

Sebagai makanan[sunting | sunting sumber]

Bares mulut-besar dianggap sebagai ikan air tawar yang cukup enak, dan akibatnya, ditangkap secara rekreasi dan komersial untuk dimakan. [5] Karena kebiasaan makannya di malam hari, ikan ini paling mudah ditangkap di malam hari dengan menggunakan ikan kecil hidup atau umpan yang meniru ikan kecil. Sebagian besar perikanan komersial untuk bares mulut-besar terletak di perairan Great Lakes Kanada, [6] dan bares mulut-besar goreng dianggap sebagai makanan pokok masakan Kanada .[7] [8] Di Minnesota, bares mulut-besar sering dipancing pada sore hari pada hari berangin atau pada malam hari. Sering disajikan sebagai roti lapis di pub Minnesota di mana ikannya sangat populer, bares mulut-besar goreng dengan tusuk sate adalah makanan Minnesota State Fair .[9] QQ UU

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2019). Sander &speciesname= vitreum" Sander vitreum " di situs FishBase. Versi December 2019.
  2. ^ NatureServe (2013). "Sander vitreus". 2013: e.T202605A18229159. doi:10.2305/IUCN.UK.2013-1.RLTS.T202605A18229159.en. 
  3. ^ "Ontario Freshwater Fishes Life History Database Species Detail". 
  4. ^ "In-Fisherman - The World's Foremost Authority On Freshwater Fishing". In-Fisherman. Diakses tanggal 24 March 2018. 
  5. ^ "Walleye, Sander vitreus". Department of Natural Resources (DNR), State of Michigan. Diakses tanggal 15 March 2013. 
  6. ^ "Walleye". 
  7. ^ "Best Fried Walleye". 6 May 2019. 
  8. ^ "Best Fried Walleye". 
  9. ^ "Field and Stream July 2005". July 2005.