Bardez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Bardez (Konkani: बार्देस / Bardes), adalah nama suatu daerah dan taluk di Goa Utara, India. Nama ini dikaitkan dengan para imigran Brahmana yang bermigrasi ke Konkan melalui Magadha di Sungai Gangga dari Āryāvarta, di bagian barat utara subbenua India. Bardez, atau lebih tepat Bara (dua belas) desh (negara), artinya "dua belas negara" (atau daratan). Bentuk "negara" kemungkinan mengacu pada batas-batas teritorial suku, atau pada comunidade Brahmana, yang mana keduabelasnya, tanpa urutan tertentu, adalah Aldona, Moira, Olaulim, Nachinola, Siolim, Anjuna, Candolim, Serula, Saligao, Sangolda, Assagao and Pomburpa.

Bagian utara Bardez berbatasan dengan Sungai Chapora, bagian selatannya dengan Sungai Mandowi, di sebelah timur dengan Sungai Mapusa yang mana berasal dari Bardez sendiri, dekat ibukota Mapusa, dan di bagian barat dengan Laut Arab. Penduduk asli Bardez disebut Bardezcar (Konkani: बार्देसकार / Bardeskaar) dalam bahasa Konkani asli.

Bardez merupakan situs legislatif Goa, di desa paroki sipil bagian selatan Penha de França (Britona), di Serula. Situs terkenal lainnya adalah benteng Aguada, pantai-pantai Candolim, Sinquerim, Calangute, Baga, Anjuna dan pedesaan Vagator, biara dan asrama sekolah Monte Guirim yang terletak di atas bukit dan direstorasi oleh Padre Luna setelah kehancuran Pombal, komunitas pedesaan Salvador do Mundo, Penha da Franca, Siolim, Moira, Porvorim, Colvale, Saligao dan Sangolda.

Institut Manajemen Hotel, Goa dan Kolese St. Xavier terletak di Bardez. Comunidade Anjuna merupakan pemukiman hippie yang terkenal. Di kalangan umat Katolik Goa, Bardez dikenal sebagai tempat kelahiran Venerabilis Agnelo de Souza, salah seorang dari dua santo Goa yang paling terkenal, dan lainnya adalah St. Joseph Vaz, sang "Rasul Sri Lanka".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Goa Topics