Barang-barang mewah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Barang-barang mewah merupakan sebuah barang yang memiliki harga yang relatif tinggi. Permintaan terhadap barang mewah akan naik apabila pendapatan seseorang naik. Namun, apabila pendapatan seseorang menurun, permintaan barang mewah tidak akan turun.[1] Adapun beberapa produk yang telah diklaim sebagai barang mewah, antara lain parfum mahal seperti Yves Saint Laurent, Dior Sauvage, Hugo Boss, dan masih banyak lagi. Selain parfum, barang-barang mewah juga meliputi beberapa jenis, seperti otomotif, tas, bahkan makanan pun ada yang termasuk ke dalam kategori barang mewah.

Pada awalnya, predikat barang-barang mewah hanya terdapat pada uang-uang kuno yang memiliki harga yang tinggi. Namun, seiring perkembangan zaman predikat barang-barang mewah melekat pada setiap benda di semua jenis yang proses pembuatannya khusus, menggunakan material khusus, dan dibuat khusus, serta memiliki nilai yang berbeda jika dibandingkan barang-barang pada umumnya.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

"The Market for Luxury Goods: Income versus Culture". European Journal of Marketing. Vol. 27 No. 1: 35–44. 1 February 1993. 

  1. ^ Hal R. Varian (1992). Microeconomic analysis. Internet Archive. Norton. ISBN 978-0-393-95735-8.