Bao Si

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bāo Sì
褒姒
Ratu Tiongkok
Gambaran Bao Si di abad ke-18
Berkuasa779/771 - 771 SM
WangsaDinasti Zhou
PasanganRaja You dari Zhou
AnakBofu

Bao Si (Hanzi: 褒姒; Pinyin: Bāo Sì; Wade–Giles: Pao Ssu) merupakan seorang gundik Tiongkok kuno Raja You dari Zhou. Ia dianggap sebagai salah satu wanita Tionghoa tercantik yang pernah ada.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Legenda mencatat bahwa selama tahun-tahun terakhir Dinasti Xia, dua naga memasuki istana raja. Ketika mereka pergi, raja Xia memerintahkan agar air liur si naga tertinggal di dalam istana disimpan di dalam kotak kayu. Selama masa Raja Li dari Zhou, ia mencoba membuka kotak itu meskipun tabu terhadap tindakan semacam itu, karena tidak dibuka selama lebih dari seribu tahun. Air liur itu secara tidak sengaja tumpah dan berubah menjadi kadal hitam. Kadal itu merangkak di depan seorang gadis budak berusia tujuh tahun. Delapan tahun kemudian ia hamil saat masih perawan, dan melahirkan seorang bayi perempuan. Sang ibu meninggalkan bayinya, yang kemudian diangkat oleh pasangan yang melarikan diri ke negara Bao dan membesarkannya sampai dewasa. Ia kemudian dipresentasikan oleh penguasa Bao kepada Raja You.

Pada tahun 779 SM, Bao Si memasuki istana dan mulai disukai Raja You. Ia melahirkan seorang putra yang bernama Bofu.[1] Raja You mendeposisi Ratu Shen (申后) dan Putra Mahkota Raja Ping dari Zhou. Ia menjadikan Bao Si ratu dan Bofu sebagai Putra mahkota yang baru.

Bao Si memiliki sifat Melankolia sehingga Raja You menawarkan seribu ons emas kepada siapa saja yang dapat membuatnya tertawa. Seseornag di istana menyarankan untuk menyalakan suaka peringatan yang biasanya digunakan untuk memanggil tentara dari negara-negara bagian sekitarnya di masa bahaya. Para bangsawan sepatutnya tiba di istana hanya untuk mendapati diri mereka ditertawakan oleh Bao Si.[2] Bahkan setelah Raja You mengesankan Bao Si, ia terus menyalahgunakan suar peringatan dan karena itu kehilangan kepercayaan dari para bangsawan.

Negara Dinasti Zhou Barat

Ayahanda Ratu Shen ekcewa karena deposisi putri dan cucunya Yijiu dan menyerang istana Raja You bersama dengan para perantau Quanrong. Raja You memanggil para bangsawan dengan suar tapi tidak ada yang datang karena mereka tidak lagi mempercayainya. Pada akhirnya, Raja You dan Bofu terbunuh dan Bao Si ditangkap di Xi (戲/戏). Kematian Raja You menandai berakhirnya Zhou Barat[3] dan awal periode Zaman Musim Semi dan Gugur dinasti Zhou Timur.[4]

Setelah ditangkap, Bao Si menerima sogokan dari Zhou dan meninggalkan ibu kota.[5] Kemudian, saat serangan lain oleh perantau Quanrong, Bao Si tidak dapat melarikan diri dan menggantung dirinya sendiri. Tanggal kematiannya tidak diketahui.

Kisah Bao Si dan Raja You dari Zhou adalah salah satu kisah cinta yang paling terkenal dan ikonik dari Sejarah Tiongkok, dan tidak hanya berfungsi sebagai demonstrasi cinta yang ekstrem namun juga sebagai kisah peringatan tentang bagaimana satu kecantikan dapat menjatuhkan sebuah negara.

Melalui beberapa referensi yang ada, dapat diperkirakan bahwa Bao Si lahir pada tahun 792 SM (tiga tahun lebih muda dari Raja You) dan meninggal pada tahun 771 SM (dengan anggapan bahwa kematiannya terjadi dengan bunuh diri sesaat setelah serangan Quanrong).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Revised Chinese Dictionary, Ministry of Education, Taiwan
  2. ^ Giles, Herbert A. (1912). The Civilization of China. Tutis Digital Publishing. ISBN 81-320-0448-5.  Chapter 1
  3. ^ Phương Thi Danh (2001), Niên biểu lịch sử Trung Quốc
  4. ^ Cambridge History of Ancient China,1999, pages 546 and 551
  5. ^ Sima Qian, Records of the Grand Historian • Zhou Dynasty Annals

Lihat pula[sunting | sunting sumber]