Banket

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Banquet)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Banket[1] (bahasa Prancis: banquet) atau andrawina[2] adalah perjamuan formal yang mewah dan besar-besaran, yang menyajikan hidangan-hidangan untuk para tamu. Banket biasanya diadakan untuk meningkatkan prestise tuan rumah, atau memperkuat ikatan sosial di antara orang-orang yang hadir. Banket juga biasanya diadakan dengan tema tertentu, misalnya dalam rangka pesta amal, upacara, atau perayaan. Banket sering kali diisi dengan pidato untuk menghormati tema yang diangkat atau tamu-tamu kehormatan.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Banket dilatarbelakangi oleh pertemuan-pertemuan yang diadalan di kalangan bangsawan-bangsawan, keluarga, ataupun kerabat kaisar Prancis yang sering kali menyelenggarakan acara berkumpul sambil makan dan minum bersama di antara kelompoknya masing-masing.[4]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Acara-acara yang dapat diselenggarakan dalam banket:

Departemen banket[sunting | sunting sumber]

Pada Hotel, banket memiliki bagian tersendiri dalam suatu susunan departemen dan masih dalam lingkup Food and Beverages Department yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan ke hotel[5]. Departemen banket memiliki peranan penting dalam hal pelayanan jasa penyelenggaraan acara yang diadakan oleh hotel. Banket tidak jauh berbeda dengan restoran baik perlengkapan, peralatan serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja banket tidak menyediakan sajian secara permanen, melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan menyelenggarakan acara. Pelayanan pada banket dimulai sejak pelanggan memesan tempat hingga akhir acara.

Untuk memulai pekerjaannya, departemen banket menerima dokumen banquet event order yang berisikan acara yang sudah dipesan tamu. Dokumen BEO berisikan informasi nama pelanggan, jenis acara, tanggal, waktu, ruang, jumlah tamu dan juga hal yang diinginkan tamu untuk dipersiapkan. Berdasarkan hal tersebut, departemen banket bisa memulai melakukan persiapan suatu acara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata Banket dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ (Indonesia) Arti kata Andrawina dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. ^ "BANQUET | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-29. 
  4. ^ Pengertian Banket[pranala nonaktif permanen], Sumarna Almarogi
  5. ^ DP, Naimuddin dan Muhammad Yunus (2007). Tata Hidang Makanan dan Minuman I & II (F & B service operation hotel).Medan